Ray Tomlinson – Pencetus E-Mail

Raymond Samuel Tomlinson lahir di Amsterdam, New York tahun 1941, tapi keluarganya segera pindah ke desa, kecil hukum di Vail Mills, New York. Dia masuk Sekolah Broadalbin Tengah di Broadalbin dekat, New York. Kemudian ia menghadiri Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York di mana ia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Ia menerima gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik dari RPI pada tahun 1963.

Setelah lulus dari RPI, ia masuk ke Massachusetts Institute of Technology untuk melanjutkan pendidikan teknik elektro nya. Di MIT, Tomlinson bekerja di Grup Komunikasi Pidato dan mengembangkan synthesizer analog-digital pidato hybrid sebagai subyek tesis Master-nya. Dia menerima S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.

Kami sedang bekerja cara-cara di mana manusia dan komputer dapat berinteraksi ,” katanya pada NPR Guy Raz. Tapi sebalinya, Tomlison mulai bermain-main dengan berinteraksi antara rekan jauh yang tidak menjawab teleponnya. Dia akhirmya menemukan cara untuk mengirim pesan tersebut dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Dan menciptakan sistem yang dinamai E-mail.

Pada tahun 1967 ia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman, sekarang BBN Technologies, di mana dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Protocol dan implementasi TELNET. Dia menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET.

Tomlinson diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk dijalankan pada TENEX. Dia menambahkan kode ia mengambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer lain – email pertama.

Dikreditkan dengan inventing surat jaringan elektronik, Tomlinson adalah orang yang menempatkan tanda @ dalam e-mail.

Pada tahun 1971 dia adalah seorang insinyur untuk Bolt Beranek dan Newman, yang telah memenangkan kontrak untuk membuat ARPANET, jaringan komunikasi yang akan memungkinkan para ilmuwan dan peneliti untuk berbagi fasilitas komputer masing-masing.

Sementara menyelidiki cara-cara untuk menggunakan jaringan, ia menggagasakan suatu aplikasi untuk menggabungkan program intra-mesin pesan dengan program lain yang dikembangkan untuk mentransfer file antara komputer yang berjauhan pada jaringan ARPANET. Apa yang dia selanjutnya jamin tempatnya dalam sejarah komunikasi: Dia memilih tanda @ untuk menghubungkan nama pengguna dengan alamat 
tujuan.

ray-tomlinson-first-email-at-sign_large
ray-tomlinson-first-email-at-sign_large (Photo credit: whlwcl)

Email pertama Tomlinson yang dikirimnya adalah tes e-mail. Sayangnya, Tomlinson tidak ingat apa yang ada di e-mail itu pertama. E-mail ini tidak disimpannya dan Tomlinson menggambarkannya sebagai pesan yang tidak penting, sesuatu seperti ” QWERTYUIOP “. Ini biasanya adalah kata yang sering diketik atau dikutip “pada e-mail pertama yaitu QWERTYUIOP “.Tomlinson kemudian berkomentar bahwa “pesan tes adalah sepenuhnya dilupakan dan aku punya, karena itu, kulupakan mereka.” Pesan tes yang dikirim ke dirinya sering hanya omong kosong – string karakter atau beberapa frase dari Gettysburg Address. “E-mail pertama adalah benar-benar dilupakan,” katanya. “Dan, karena itu, lupa.”

Dengan cara penemuannya, Tomlinson juga bertanggung jawab atas ketinggian tanda @ dari simbol ke ikon. Untuk mengirim pesan antar komputer yang berbeda, ia membutuhkan cara untuk memisahkan nama-nama pengirim dan penerima dari nama mesin mereka. Tanda @ hanya masuk akal, itu tidak umum digunakan dalam menghitung waktu itu, sehingga tidak akan ada terlalu banyak kebingungan. Simbol ternyata alamat e-mail ke frase, artinya “pengguna ‘pada’ host,” jelas Tomlinson. “Ini adalah preposisi hanya pada keyboard.”

Saat ini, lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia jenis yang @ menandatangani setiap hari. Tomlinson mengatakan bahwa kembali pada tahun 1971, dia memiliki beberapa ide tentang dampak penemuan akan memiliki.

Program surel pertama dan yang masuk salah satu program surel terbesar yang biasa digunakan oleh publik adalah Eudora. Dan surel yang di tulis oleh Steve Dorner ini rilis pada tahun 1988. Waktu itu ia masih berstatus pegawai di University of Illinois.

Nama Eudora sendiri diambil dari nama seorang penulis dari Amerika Eudora Welty. Awalnya Eudora menjadi klien surel pertama yang dapat diakses secara gratis oleh siapa pun, kemudian dibeli oleh Quallcom pada tahun 1994, dan dijadikan produk profesional.

Tak terduga pada awal ARPANET, penciptaan Tomlinson yaitu e-mail menjadi aplikasi internet masa depan
yang paling populer.

Penghargaan

  • Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University). 
  • Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame. 
  • Pada tahun 2002 Discover Magazine diberikan kepadanya Penghargaan Inovasi nya. 
  • Pada tahun 2004, ia menerima Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker. 
  • Pada tahun 2009, ia bersama dengan Martin Cooper dianugerahi Prince of Asturias penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis. 
  • Pada tahun 2011, ia terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide-ide dari MIT. 
  • Pada 2012, Tomlinson telah dilantik ke dalam Hall of Fame internet oleh Internet Society.

Penemu e-mail , Ray Tomlinson, yang menurut banyak kalangan termasuk pencapaian penting dan revolusioner dalam teknologi informasi. Dia layak menjadi 50 tokoh yang berpengaruh dalam dunia Informatika karena dia yang memilih simbol @ sebagai penanda alamat surat elektronik, dibelakang nama si pengirim atau penerima pesan, bahkan kini pengunaan e-mail sudah menjadi sarana komunikasi global yang paling murah.

“Apa yang tidak saya bayangkan adalah seberapa cepat itu akan terjadi.” 

Enhanced by Zemanta

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: