Francisco Amaral – Proklamator Kemerdekaan Timor-Leste

Francisco Xavier do Amaral (lahir di Turiscai, Distrik Manufahi, 3 Desember 1937 – meninggal di Dili, 6 Maret 2012 pada umur 74 tahun) adalah Proklamator Kemerdekaan Timor-Leste yang diproklamirkan pada tanggal 28 November 1975 kemudian menjabat sebagai Presiden pertama. Beliau yang ketika itu sebagai pendiri dan ketua umum ASDT, kemudian berubah menjadi Fretilin.

Setelah restorasi kemerdekaan pada 2002 Xavier Amaral terpilih sebagai anggota Majelis Konstituante (Assembleia Constituinte), kemudian menjelma menjadi lembaga parlemen pertama di Timor-Leste. Setelah pemilihan umum tahun 2007 beliau terpilih kembali menjadi anggota Parlamento Nacional dari partainya Associação Social Democrática Timorense (ASDT)  partai yang kemudian berubah nama menjadi Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente (Fretilin).

Amaral maju lagi untuk jabatan presiden pada pemilu presiden April 2007,  dan menjadi calon presiden terpopuler nomer 4 dengan perolehan suara 14,39%.

Kematian

Amaral menerima diagnosis kanker pada tahun 2011. Amaral adalah salah satu dari tiga belas calon dinominasikan untuk pemilihan presiden 2012, yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Maret 2012. Namun, Amaral terbukti terlalu sakit parah muncul pada peluncuran resmi kampanye presiden pada tanggal 29 Februari, 2012 yang terancam pencalonannya dan pemilu. Parlemen Nasional Timor-Leste bertemu di pleno sesi pada awal Maret 2012, khusus untuk mengamandemen undang-undang pemilihan presiden sehingga tidak adanya Amaral dari peluncuran tidak akan meniadakan pemilihan keseluruhan.
Francisco Xavier do Amaral meninggal di Guido Valadares Nasional Hospital di Dili pada jam 8:44 pagi pada tanggal 6 Maret 2012, pada usia 74 tahun. Dia akan diberikan pemakaman negara dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Metinaro di Dili.

Sumber, Presidenttimorleste.tl
              Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: