Otto von Guericke – Pencipta Pompa Air

Otto von Guericke lahir pada tanggal 20 November 1602 dari keluarga ningrat di Magdeburg , Jerman . Tahun 1617 ia menjadi mahasiswa di Universitas Leipzig. Karena pecahnya Perang Tiga Puluh Tahun, studinya di Leipzig terganggu dan kemudian ia belajar di Julia Academia di Helmstedt dan universitas-universitas Jena dan Leiden. Pada terakhir ini dia menghadiri kursus pada matematika, fisika dan teknik fortifikasi. Pendidikannya diselesaikan oleh perjalanan sembilan bulan lama untuk Perancis dan Inggris. Setelah kembali ke Magdeburg pada tahun 1626 ia menikah Margarethe Alemann dan menjadi anggota dari Ratscollegium dari Magdeburg. Dia tetap anggota tubuh ini sampai tua. Von Guericke secara pribadi tidak percaya antusiasme kota untuk penyebab Gustavus Adolphus namun tetap merupakan korban dari jatuhnya Magdeburg untuk pasukan von Tilly pada bulan Mei 1631. Miskin, tapi beruntung untuk melarikan diri dengan hidupnya, ia adalah seorang tawanan di kamp Imperial di Fermersleben sampai, melalui jasa baik Ludwig dari Anhalt-Cothen, uang tebusan tiga ratus thalers telah dilunasi. Setelah masa kerja sebagai insinyur dalam pelayanan Gustavus Adolphus ia dan keluarganya kembali ke Magdeburg pada Februari 1632. Selama dekade berikutnya ia diduduki membangun kembali sendiri dan nasib kota dari reruntuhan api 1631. Di bawah otoritas Swedia dan kemudian Saxon dia tetap terlibat dalam urusan sipil kota, pada tahun 1641 menjadi Kammerer dan pada 1646 Burgermeister, posisi dia untuk terus selama tiga puluh tahun. Misi pertama diplomatiknya atas nama kota, pada bulan September 1642, adalah untuk pelataran Pemilih dari Saxony di Dresden untuk mencari beberapa mitigasi kerasnya dengan yang komandan militer Saxon diperlakukan Magdeburg. Misi diplomatik, sering berbahaya serta membosankan, menempati sebagian besar waktunya selama dua puluh tahun ke depan. Kehidupan pribadi ilmiah, yang banyak masih belum jelas, sedang mengembangkan secara paralel.

Pencarian ilmiahnya dan diplomatik akhirnya terselesaikan ketika ia berada di Reichstag, Regensburg pada 1654, ia diundang untuk menunjukkan eksperimen pada vakum sebelum pejabat tertinggi dari Kekaisaran Romawi Suci. Salah satunya, Uskup Agung Pemilih Johann von Philip Schonborn, membeli aparat von Guericke dari dia dan itu telah dikirim ke Sekolah Tinggi yang dikelola Yesuit di Würzburg. Salah seorang profesor di College, Fr. Gaspar Schott , mengadakan korespondensi ramah dengan von Guericke dan dengan demikian itu adalah bahwa, pada usia 55, pekerjaan von Guericke yang pertama kali diterbitkan sebagai Lampiran buku oleh Fr. Schott – Mechanica Hydraulico-pneumatica – diterbitkan di 1657. Buku ini datang ke perhatian dari Robert Boyle yang, dirangsang oleh itu, memulai percobaan sendiri pada tekanan udara dan vakum, dan pada tahun 1660 diterbitkan Eksperimen Baru Fisiko-Mechanical menyentuh Spring Air dan Efek. Tahun berikutnya ini diterjemahkan ke bahasa Latin dan, dibuat menyadari hal itu dalam korespondensi dengan Fr. Schott, von Guericke diperoleh salinan.

Dalam dekade setelah penerbitan pertama sendiri pekerjaan von Guericke nya, selain komitmennya diplomatik dan administratif, secara ilmiah sangat aktif. Dia memulai pada magnum opus-nya – Ottonis de Guericke Experimenta Nova (ut vocantur) Magdeburgica de vakum spatio – yang serta detail dari eksperimen pada vakum, berisi perintis elektrostatik di mana tolakan elektrostatik ditunjukkan untuk pertama kalinya dan menetapkan pandangannya secara teologis berdasarkan sifat Space. Dalam Pendahuluan kepada Pembaca ia mengklaim telah menyelesaikan buku tentang 14 Maret 1663 meskipun publikasi ditunda selama sembilan tahun sampai 1672. Pada 1664, karyanya kembali muncul di media cetak, lagi melalui jasa baik Fr. Schott, bagian pertama yang bukunya Technica Curiosa, mirabilia berjudul Magdeburgica, didedikasikan untuk pekerjaan von Guericke itu. Referensi paling awal untuk dirayakan belahan Magdeburg eksperimen pada hal. 39 dari Technica Curiosa mana Fr. Schott mencatat bahwa von Guericke telah menyebutkan mereka dalam sebuah surat tanggal 22 Juli 1656. Fr. Schott melanjutkan dengan mengutip surat berikutnya von Guericke dari 4 Agustus 1657 di mana ia menyatakan bahwa ia sekarang telah melakukan percobaan, dengan biaya yang cukup besar, dengan 12 kuda.

1660-an melihat keruntuhan akhir dari tujuan Magdeburg, untuk yang von Guericke telah mencurahkan sekitar dua puluh tahun usaha diplomatik, untuk mencapai status Kota Gratis dalam Kekaisaran Romawi Suci. Atas nama Magdeburg, ia adalah penandatangan pertama Perjanjian Klosterberg (1666) dimana Magdeburg menerima garnisun pasukan Brandenburg dan kewajiban untuk membayar iuran ke Pemilih Besar, Friedrich Wilhelm I dari Brandenburg . Meskipun yang Pemilih menghancurkan aspirasi politik Magdeburg, hubungan pribadi von Guericke dan Friedrich Wilhelm tetap hangat. Pemilih Agung adalah pelindung beasiswa ilmiah, ia mempekerjakan anak von Guericke, Hans Otto, sebagai Residen di Hamburg dan pada tahun 1666 telah bernama Otto dirinya Tikus Brandenburg. Ketika Nova Experimenta akhirnya muncul itu diawali dengan dedikasi yang menjemukan untuk Friedrich Wilhelm. Tahun 1666 juga melihat enoblement von Guericke oleh Leopold I, Kaisar Romawi Suci ketika dia mengganti ejaan namanya dari “Gericke” menjadi “Guericke” dan ketika ia menjadi berhak untuk awalan “von”. Schimank hal. 69 mereproduksi petisi von Guericke untuk Leopold meminta awalan “von” dan perubahan ejaan.

Pada 1677 von Guericke, setelah permintaan diulangi, dengan enggan diizinkan untuk mundur dari tanggung jawab sipil-nya. Pada bulan Januari 1681, sebagai pencegahan terhadap wabah wabah kemudian mempengaruhi Magdeburg, dia dan kedua istrinya Dorothea pindah ke rumah anaknya Hans Otto di Hamburg . Di sana ia meninggal dalam damai pada tanggal 11 Mei (Julian) 1686 55 tahun untuk hari setelah ia melarikan diri dari api pada tahun 1631. Tubuhnya kembali ke Magdeburg untuk pemakaman di Ulrichskirche pada 23 Mei (Julian) (Schneider p 144.). Para Otto von Guericke Universitas Magdeburg dinamai menurut namanya.

Hanya ada tiga sumber kontemporer penting yang menjelaskan pekerjaan ilmiah Von Guericke ini – Fr. Schott yang Mechanica Hydraulico-pneumatica dan Technica Curiosa dari 1657 dan 1664 dan sendiri Experimenta Nova 1672. Masalah ilmiah dapat dibagi menjadi tiga wilayah, untuk masing-masing sebuah kitab Nova Experimenta didedikasikan sebagai berikut:

  • Buku II: sifat ruang dan kemungkinan kekosongan
  • Buku III: kerja eksperimental pada produksi vacuo, tekanan udara dan atmosfer bumi
  • Buku IV: penyelidikan potensi kosmik. 

Mungkin sekitar 1650 von Guericke menemukan sebuah pompa vakum yang terdiri dari piston dan silinder pistol udara dengan dua arah flaps dirancang untuk menarik udara keluar dari apa pun kapal tersebut berhubungan dengan, dan menggunakannya untuk menyelidiki sifat dari vakum dalam banyak percobaan. Pompa ini dijelaskan dalam Bab II dan III dari Buku III dari Nova Experimenta dan di Mechanica Hydraulico-pneumatica (hal. 445-6). Guericke menunjukkan kekuatan tekanan udara dengan percobaan dramatis.


Dengan eksperimen Guericke menyangkal hipotesis ” horor vacui “, alam yang membenci ruang hampa. Aristoteles di misalnya Fisika IV 6-9 berargumentasi terhadap adanya kekosongan dan pandangan itu memerintahkan dekat dukungan universal dengan filsuf dan ilmuwan sampai dengan 17 abad. Guericke menunjukkan bahwa zat tidak ditarik oleh ruang hampa, melainkan didorong oleh tekanan dari cairan sekitarnya.


Semua pekerjaan von Guericke pada tekanan vakum dan udara yang tercantum dalam Buku III dari Nova Experimenta (1672). Mengenai kronologi yang lebih rinci dari karyanya kita, selain deskripsi Nova Experimenta tentang demonstrasi di Regensburg pada 1654, dua rekening yang diterbitkan oleh Fr.Schott tahun 1657 dan 1663.
Dalam Bab 27 ia menyinggung apa yang terjadi di Regensburg pada 1654. Percobaan pertama ia secara eksplisit mencatat sebagai telah ditunjukkan adalah menghancurkan kapal non-bulat seperti udara tersebut ditarik dari itu. Dia tidak menggunakan pompa vakum langsung di kapal tetapi memungkinkan udara di dalamnya untuk memperluas ke penerima sebelumnya dievakuasi.

Ukiran oleh Caspar Schott

Yang kedua adalah sebuah percobaan di mana sejumlah pria terbukti dapat menarik sebuah piston kedap udara hanya sekitar setengah jalan sampai pembuluh tembaga silinder. Von Guericke kemudian melekat Receiver nya dievakuasi ke ruang bawah piston dan berhasil menarik piston kembali turun lagi melawan gaya para pria menariknya ke atas. Dalam sebuah surat kepada Fr. Schott Juni 1656, direproduksi dalam Mechanica Hydraulico-pneumatica, von Guericke memberikan rekening pendek pengalamannya di Regensburg. Berdasarkan hal ini, Schimank pada tahun 1936 memberikan daftar sepuluh eksperimen yang dianggapnya mungkin telah dilakukan di Regensburg. Selain dua di atas, ini termasuk ekstraksi udara menggunakan pompa vakum, kepunahan api dalam wadah tertutup, meningkatkan air dengan hisap, demonstrasi bahwa udara memiliki berat badan, dan demonstrasi tentang bagaimana kabut dan kabut dapat diproduksi dalam wadah tertutup. Para Mechanica Hydraulico-pneumatica juga menyediakan gambar awal pompa vakum von Guericke itu. Ini sesuai dengan deskripsi dalam bab-bab awal dari Buku III dari Nova Experimenta dari versi pertama dari pompa nya.
 
Dirangsang oleh diminati karyanya von Guericke secara ilmiah sangat aktif di dekade setelah 1654. Pada Juni 1656 kami menemukan dia menulis untuk Fr. Schott (Mechanica Hydraulico-pneumatica p 444.) “Sejak waktu ketika saya menghasilkan pameran untuk kata Pemilih terkemuka, saya memiliki pemahaman yang lebih baik dan lebih jelas dari semua hal ini dan topik lain juga.” Percobaan belahan terkenal itu, seperti telah dijelaskan pada bagian biografi di atas, dilakukan antara Juli 1656 dan Agustus 1657. Dalam Bab IV Buku III ia menggambarkan desain baru ditingkatkan dan banyak dari pompa vakum dan penemuan atribut untuk kebutuhan mesin yang lebih mudah diangkut dengan mana ia bisa menunjukkan eksperimennya kepada Frederick William yang telah menyatakan keinginan untuk melihat mereka. Pompa baru ini juga dijelaskan pada hal. 67 dari Curiosa Technica. Demonstrasi di Perpustakaan Pemilih di Colln dan Spree der berlangsung pada bulan November 1663 dan direkam oleh guru untuk putra Pemilih itu. (Schneider p 113..) Ada sejumlah eksperimen, seperti pengujian lebih kejam dari pengaruh ruang hampa pada burung dan ikan (Experimenta Nova Buku III Bab XVI), yang tidak dijelaskan dalam Curiosa Technica. Meskipun Nova Experimenta memang mengandung korespondensi dari 1665, tidak ada alasan untuk meragukan pernyataan von Guericke bahwa pekerjaan itu pada dasarnya selesai pada Maret 1663.

Sepanjang Buku II dan III ia kembali lagi dan lagi untuk tema tidak adanya kebencian terhadap ruang hampa dan bahwa semua fenomena dijelaskan dengan prinsip ini seharusnya sebenarnya disebabkan oleh tekanan atmosfer dalam hubungannya dengan potensi berbagai inkorporeal yang dijabatnya yang akan bertindak. Dengan demikian “potensi konservatif” bumi (virtus conservativa) memberikan penjelasan untuk fakta bahwa Bumi mempertahankan atmosfer meskipun perjalanan melalui ruang. Dalam melawan keberatan dari Deusing Dr bahwa berat atmosfer hanya akan menghancurkan tubuh semua makhluk hidup, ia menunjukkan kesadaran eksplisit dari properti kunci dari cairan – yang tekanannya sama di semua pesawat. Dalam Bab XXX dari Buku III ia menulis: “Deusing Dr seharusnya mengingat bahwa udara tidak hanya menekan di kepala kita tetapi mengalir di sekitar kita Sama seperti menekan dari atas  kepala, itu juga menekan pada telapak kaki dari bawah dan secara bersamaan pada semua bagian tubuh dari segala arah. “

Sumber, inventors.about.com
             Wikipedia

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: