Margaret Thatcher – Wanita Besi

Margaret Hilda Roberts atau biasa di panggil Magie lahir pada tanggal 13 oktober 1925 di lincolnsihre, Inggris. Ayanya bernama Alferd Roberts, berasal dari Northamptonshire dan ibunya Beatrice Ethel Stephenson dari lincolnsihre.

Masa Kecil
Margaret menghabiskan masa kecilnya di kota Grantham di Lincolnshire dimana ayahnya membuka usaha toko serba ada. Margaret dengan kakaknya, Muriel, yang lahir pada tahun 1921 dibesarkan di flat yang berada di bagian atas toko.

Alfred dan Beatrice adalah seorang pekerja keras dan giat menambung. Mereka giat melakukan pembagian waktu liburan sehingga toko dan pekerjaan tidak pernah di tinggalkan dalam keadaan kosong. Alfred adalah tokoh kota yang sangat di hormati. Dia adalah seorang alderman (Anggota Dewan Kota), salah satu pendiri klub Grantham Rotary, Presiden Grocer Association, Pemimpin Lokal Nation Savings Movement dan Anggota Boys and Girls School of Grantham.

Kehidupan masa kecil margaret berputar di sekitar Gereja Methodist. Mereka melakukan kegiatan Gerja 3 kali dalam seminggu. Alfred sendiri adalah seorang pendeta di gereja tersebut. Sejak usia 5-15 tahun, Margaret mengambil Les piano dan menjadi anggota paduan suara gereja. Pada saat sekolah dasar, Margaret bersekolah di Huntingtower Road Prymary School. Laporan sekolah Margaret menunjukkan ketekunan dan kerja kerasnya walaupun nilai di sekolahnya tidak begitu hebat. Margaret kemudian lulus dan melanjutkan ke Kesteven and Grantham Girls School. Diluar kegiatan sekolah, Margaret senang berenang dan berjalan-jalan. Dia juga bermain hockey dengan teman-temannya.

Alfred yang telah menjadi Alderman 9 tahun dan pada tahun 1943 kelak menjadi walikota Grantham adalah orang yang telah mengajarkan Margaret tentang politik konservatif.

Pendidikan dan Kehidupan
Margaret menyelesaikan sekolahnya pada saat perang dunia ke dua sedan berlangsung. Dia mengajukan beasiswa ke Universitas Oxford dan berhasil mendapatkannya. Margaret kemudian masuk ke Somerville College, Oxford untuk mempelajari kimia pada tahun 1943. Di Universitas, Margaret aktif dalam kegiatan politik dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Konservatif Oxford pada tahun 1946. Dia adalah wanita ke tiga yang menduduki jabatan tersebut. Pada tahun 1946, Margaret lulus dengan gelar Bachelor of Arts. Setelah kelulusannya, ia pindah ke Colchester di Essex pada tahun 1947 untuk bekerja sebagai peneliti kimia di perusahaan BX Plastics. Kemudia ia bergabung dengan Asosiasi Konsevatif Lokal dan menghadiri  Konferensi Partai di Llandudno pada tahun 1948 sebagai perwakilan Asosiasi Konservatif Alumni Universitas Oxford. Margaret juga menjadi anggota Asosiasi Pekerja Ilmuwan.

Pada Bulan Januari 1949, seorang teman dari Oxford yang bekerja untuk Asosiasi Konservatif Dartford mengatakan pada Margaret bahwa mereka membutuhkan kandidat untuk Partai Konservatif di  Dartford. Margaret yang sudah tertarik dengan dunia politik sejak muda akhirnya terpilih menjadi Partai Konservatif dan pindah ke Dartford untuk mengikuti pemilihan anggota Parlemen (Member of Parliament/ MP).

Untuk menyokong hidupnya selama priode tersebut, Margaret bekerja di perusahaan J.Lyons and Co, dimana dia membantu mengembangkan metode penyimpanan es krim. Pada bulan februari 1949, Margaret bertemu dengan Denis Tahtcher, seorang pengusha kaya yang berasal dari Dartford. Pada tahun 1950, untuk pertama kalinya Margaret mengikuti pemilihan anggota Parlemen di Dartford. Dia adalah kandidat wanita termuda dari Partai Konservatif yang kampanyenya telah menarik banyak media masa. Margaret menampilkan gaya berpolitiknya yang dewasa di Dartford. Walaupun akhirnya gagal dari pesainggnya Norman, tapi Margaret telah mengurangi jumlah pemilih partai saingannya Labour sebanyak 6000 orang dan meningkatkan jumlah pemilih partai Konservatif sebesar 50%. Pada tahun 1951, Margaret pernah mengikuti pemilihan paralemen walau akhirnya gagal.

Dua bulan setelah kekalahannya, Margaret menikah dengan Denis Thatcher. Mereka melangsungkan pernikahan pada tanggal 13 desember 1951 di Kapels Wesley’s di City Road, London.

Pada tahunh yang sama, Thatcher( Namanya berubah setelah menikah) mengambil kuliah Jurusan Hukum dan Lulus pada tahun 1953 sebagai Barrister dalam spesialiasi Hukum Perpajakan. Pada bulan agustus 1953, Thatcher melahirkan dua orang anak kembar yaitu Mark dan Carol melalui operasi sesar.


Sekali lagi pada tanggal 20 januari 1955, Thatcher mengikuti pemilihan kandidat meskipun akhirnya gagal lagi. Tetapi, pada akhirnya Thatcher menjadi kandidat pada bulan April 1958. Dia melakukan kampanye dengan gigih dan berhasil menarik hati masyarakat sekalius berhasil menjadi Anggota parlemen di House of Common pada tahun 1959.

Pidato pertamanya membahas dukungannya terhadap Rancangan undang-undang Private Members tentang undang-undang Public Bodies pada 1960.

            
Tidak sepantasnya dalam tahap ini menyatakan bahwa masyarakat tidak mempunyai hak untuk mendapat izin baik dalam hukum umum maupun peraturan, untuk mengetahui pertemuan pihak berwenag daerah. Anggota masyarakat terpaksa percaya pada media cetak lokal untuk mengetahui informasi tentang kegiatan wakil terpilih. Masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui kegiatan tersebut. Hak tersebut meliputi bidang, masyarakat pada umumnya menghargai seluruh dana yang dikeluarkan oleh pihak berwenang daerah. Di Inggris dan Wales, pihak berwenag lokal menghabiskan dana 1400 juta pounds per tahun, jumlah tersebut bukan tidak signifikan, bahkan dalam istilah dana nasioanl, kurang dari setengahnya diperoleh dari pembayaran suku bunga dan pajak. Dan tujuan pertama dalam memepercayai media masa adalah bahwa kita dapat mengetahui bagaimana uang tersebut dikeluarkan.
pada tahun 1961, ia dipromosikan ke bangku depan sebagai Wakil Parlemen di Departemen Pensiun dan Asuransi Nasional. Dia pindah ke Kas Bayangan pada tahun 1966 di mana ia menentang Harga wajib Tenaga Kerja dan kontrol pendapatan, yang ia percaya akan mendistorsi perekonomian. Thatcher juga terhadap kebijakan pajak tinggi Pemerintah, karena ia pandang bahwa pajak rendah bekerja sebagai insentif dan motivasi untuk bekerja keras.
Pada tahun 1967, dia dipilih oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di London untuk berpartisipasi dalam Program Kepemimpinan Pengunjung Internasional. Belakangan tahun itu, Thatcher pindah dan bergabung dengan Kabinet Bayangan sebagai juru bicara Bayangan Bahan Bakar dan tak lama setelah pemilihan umum 1970 ia dipromosikan membayangi transportasi dan setelah itu, Pendidikan.
Perdana Menteri Inggris (1979-1990)
Thatcher menjadi Perdana Menteri pada tanggal 4 Mei 1979, dengan mandat untuk membalikkan kemerosotan ekonomi dan untuk mengurangi peran negara dalam perekonomian. Dia berjanji untuk mengurangi gangguan berlebihan pemerintah dalam perekonomian, yang ia percaya adalah rintangan dalam pertumbuhannya. Kebijakan politiknya menekankan pada pengurangan intervensi negara, pasar bebas dan wirausaha. Dia mengambil inisiatif ekonomi baru dan mulai reformasi ekonomi dengan cara menaikkan suku bunga dan memperkenalkan pemotongan anggaran. Dia memotong anggaran pada pelayanan sosial seperti perawatan kesehatan, pendidikan dan perumahan, dan ditempatkan pembatasan hukum terhadap serikat buruh. Tahun 1983, pertumbuhan ekonomi Inggris lebih kuat dan istilah ‘Thatcherisme’ datang untuk merujuk ideologi dan kebijakan Margaret Thatcher dan pendekatan tanpa kompromi dia untuk mencapai tujuan politik. Setelah pemilihan 1983, mayoritas Konservatif Margaret Thatcher diperluas dan terus memberlakukan kebijakan-kebijakan ekonominya.    
Falklands
Pada tanggal 2 April 1982, militer berkuasa di Argentina menginvasi Kepulauan Falkland dan South Georgia, sebuah wilayah luar negeri Inggris bahwa Argentina telah mengklaim setelah 1810 sengketa. Pemerintah Thatcher merebut kembali pulau dan salvagers dideportasi ke Argentina. Argentina menyerah pada 14 Juni dan operasi itu dianggap sebagai sebuah keberhasilan bagi pemerintah Thatcher dan menghasilkan dukungan yang lebih besar bagi pemerintah. Dampak abadi dari Falklands diperparah dengan pemulihan ekonomi pada tahun 1983 awal terlihat di, pemilu 1983 ketika partai Konservatif memenangkan 42% suara.
Serikat Pekerja
Margaret Thatcher berkomitmen untuk mengekang kekuasaan dan pengaruh serikat buruh oleh ranjau privatisasi dan lubang. Reformasi nya menghasut Kekerasan dan protes dari para pekerja tambang, tapi berhasil diperangi oleh pemerintah. Pada tahun 1984, National Union of penambang memerintahkan serangan terhadap aturan yang dikenakan pada mereka untuk mengekang kekuasaan mereka. Bentrokan pecah di banyak tempat di mana sejumlah orang terluka dan ditangkap. Setelah setahun mencolok, Uni Nasional menyerah tanpa kesepakatan.
Masyarakat Eropa
Thatcher berlawanan dengan usulan dari Masyarakat Eropa untuk struktur federal dan meningkatnya sentralisasi pengambilan keputusan. Dia tidak melawan keanggotaan Inggris dalam Masyarakat Eropa, tapi ia percaya bahwa itu harus dibatasi untuk memastikan perdagangan bebas dan persaingan yang efektif. Sebaliknya dengan pendekatan Eropa untuk mengatur, dia adalah pendukung pemerintahan yang lebih kecil dan kecenderungan deregulasi. Menteri Luar Negeri Geoffrey Howe, yang adalah pendukung besar dari dirinya, mencoba membujuk Thatcher untuk menyetujui proposal, yang dia menolak. Margaret merasa bahwa keanggotaan akan menghambat perekonomian Inggris. Perpecahan muncul atas kebijakan Eropa dalam Partai Konservatif dan akhirnya Geoffrey mengundurkan diri dari jabatannya dari Wakil Perdana Menteri.
Ekonomi Perubahan selama 1987-1990
Thatcher memperkenalkan sistem baru untuk meningkatkan pendapatan, dia menggantikan pajak pemerintah lokal dengan Mengisi Komunitas atau ‘pajak Poll’. Pajak properti dibuat seragam dan jumlah yang sama dibebankan pada setiap orang pribadi dan pajak properti perumahan diganti dengan pajak kepala yang tingkat akan dibentuk oleh pemerintah daerah. Akibatnya popularitas Perdana Menteri menurun pada tahun 1989. Kerusuhan dipasang di negara itu sebagai Margaret menolak untuk berkompromi pada pajak. Pertemuan protes beberapa pertemuan, mengakibatkan sejumlah kerusuhan, yang paling serius yang terjadi di Trafalgar Square, London pada 31 Maret 1990.
Jatuh dari Power
Pada tahun 1990, Partai Konservatif mulai terpecah pada isu Masyarakat Eropa, seperti Margaret Thatcher tetap tegas menentang keanggotaan Inggris dalam sistem Moneter Eropa. Selain itu, oposisi untuk kebijakan pajak membuat dia secara politik lemah dan rentan. Kepribadian agresif dan pendekatan tanpa kompromi untuk menolak pendapat lain memberikan kontribusi terhadap ketidakpuasan dalam anggota partai. Pada tanggal 1 November 1990, Geoffrey Howe, sekali pendukung besar nya, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Deputi Perdana Menteri dan pidato pengunduran dirinya pada 13 November di House of Commons menyebabkan jatuhnya pemerintah Margaret Thatcher di Inggris. Pada tanggal 22 November pengumuman dibuat menginformasikan bahwa ia tidak akan bertarung dalam pemungutan suara kedua. Dia adalah Perdana Menteri satunya centaury 20 untuk melayani tiga kali.
Kehidupan setelah Parlemen
Margaret Thatcher menjadi anggota House of Lords pada tahun 1992. Dia telah dihormati oleh Ratu sebagai ‘Order of Merit “, salah satu perbedaan di Inggris tertinggi di 1990. Setelah meninggalkan House of Commons, ia menulis memoarnya dalam dua volume: Jalan Menuju Daya dan The Downing Street tahun. Dari 1993 hingga 2000 menjabat sebagai Kanselir dari College of William and Mary di Virginia. Dia juga Rektor Universitas Buckingham, hanya universitas swasta di Inggris. Dia janda di 26 Juni, 2003. Pada bulan Februari 2007, ia menjadi Perdana Menteri pertama Inggris untuk dihormati dengan patung di Gedung Parlemen saat masih hidup.
Pada tanggal 24 agustus 2008 dikabarkan secara umum bahwa Thatcher menderita penyakit Dementia yaitu penyakit degeneratif dan progresif pada otak yang mengakibatkan gangguan memori berpikir dan tinggkan laku.
Margaret adalah salah satu tokoh penting abad ini. Filosofi politiknya kemudian di kenal sebagai Thatcherisme. Sebelum menjabat, ia sudah dikenal sebagai “WANITA BESI”(Iron Lady) karena penentangganya terhadap komunisme. 

Sumber, Buku Seri Tokoh dunia No.72, Gramedia
               http://www.thefamouspeople.com

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: