John Barron – Pencipta Mesin ATM

John Adrian Shepherd Barron adalah sosok yang berjasa besar dalam penemuan mesin anjungan tunai mandiri atau yang akrab di sebut dengan nama ATM. John Barron Lahir pada 23 Juni 1925 di Skotlandia.

Ide membuat ATM muncul dalam benak Sheperd Barron setelah uangnya terkunci di brankas bank. Ia lalu terinspirasi oleh mesin dispenser minuman coklat.

Pada tahun 1965, John Shepherd-Barron secara rutin datang ke bank setiap hari Sabtu pagi untuk mengambil uang. Ia mendapatkan momen “eureka” tersebut tatkala ia terlambat datang ke bank hanya satu menit dan bank tersebut sudah tutup. Pada malam hari, ia berfikir bagaimana cara yang lebih baik untuk transaksi mendapatkan uang tunai. Ia kemudian menghubungkan dengan cara kerja mesin dispenser coklat yang dapat menyediakan coklat setelah dimasukkan koin, menurutnya jika coklat bisa maka uang pun tentunya bisa disimpan dalam mesin dengan cara kerja yang sama.

Pada Tahun 1967, Ia berhasil menciptakan mesin ATM pertama yang diletakan di luar cabang Enfield, London Utara, dari Barclays Bank pada bulan Juni 1967, ketika ia menjabat sebagai Managing Director De La Rue Instrumen. Menurut Asosiasi Industri ATM, sekarang ada lebih dari 1,7 juta di seluruh dunia diinstal. Ia menerima Order dari Kerajaan Inggris dalam daftar 2005 Tahun Baru Honours untuk layanan perbankan sebagai “penemu dispenser uang otomatis”. Barron mengatakan kepada BBC bahwa ia terinspirasi oleh mesin penjual cokelat.

Masih ada beberapa kontroversi mengenai penemuan. James Goodfellow mengembangkan desain ATM alternatif, menggunakan teknologi PIN (yang diciptakan), menyerupai ATM modern yang lebih dari mesin Shepherd-Barron. Namun, mesin Shepherd-Barron (ide yang ia punya di kamar mandi, setelah uangnya terkunci di banknya) adalah yang pertama yang dipasang di dunia.

Dispenser Shepherd-Barron sebenarnya mendahului pengenalan kartu plastik dengan strip magnetik: mesin yang mengunakan pemeriksaan khusus yang telah diresapi dengan senyawa radioaktif karbon-14, yang mendeteksi dan mencocokannya dengan nomor identifikasi pribadi (PIN) yang tercantum pada keypad. Pada jarak pendek beta emisi dari karbon-14 dapat dengan mudah dideteksi, dan ia menetapkan bahwa bahaya radiasi diterima sebagai,  
“Anda harus melakukan 136.000 pemeriksaan seperti untuk itu agar  efek (radiasi) tersebut nampak pada diri Anda”.

Sebuah PIN yang diajukan panjangnya 6 digit ditolak dan 4 digit pun dipilih sebagai gantinya, karena itu adalah string angka terpanjang  yang bisa di ingat oleh istrinya .

Pada 15 Mei 2010, Barron meninggal dunia. Sebelum tutup usia, Barron sempat menceritakan kisah penemuannya di dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi BBC. Saat itu dia menuturkan, ide tentang mesin ATM didapatkannya ketika berendam dalam bak mandi. Barron memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang tunai, tanpa harus pergi ke bank saat jam kerja.

“Hal ini mengusik saya untuk memikirkan, harus ada cara untuk memudahkan mengambil uang dimana saja, di seluruh dunia,” ujarnya kala itu.

Sumber, Buku 50 Tokoh Penemu
               Dengan Perubahan seperlunya
               Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: