Walt Disney

Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney (lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 5 Desember 1901 – meninggal di Burbank, California, Amerika Serikat, 15 Desember 1966 pada umur 65 tahun) adalah produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat. Ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Sebagai ko-pendiri Walt Disney Productions (bersama Roy O. Disney), Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit filem tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company, kini memiliki pendapatan tahunan sekitar $ 35 miliar.

Disney terkenal sebagai produser film dan showman, dan juga inovator dalam bidang animasi dan desain taman bermain. Ia dan anak buahnya menciptakan berbagai karakter terkenal dunia, seperti Miki Tikus yang disuarakan oleh Disney sendiri. Ia telah memenangkan 26 Academy Awards dari 59 nominasi. Selain itu, Disney juga meraih 7 Emmy Awards.

Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di 2156 N. Tripp Ave, Hermosa, Chicago, Illinois, dari pasangan Elias Disney dan Flora Call. Nenek moyang Walt Disney beremigrasi dari Gowran, Irlandia. Arundel Elias Disney, kakek buyut Disney, lahir di Kilkenny, Irlandia, pada tahun 1801, dan merupakan keturunan dari Robert d’Isigny, orang Perancis yang berkelana ke Inggris bersama William sang Penakluk tahun 1066. Nama d’Isigny di Anglikanisasi menjadi Disney.

Ayahnya, Elias Disney, pindah dari County Huron, Ontario, ke Amerika Serikat tahun 1878, untuk mencari emas di California, namun akhirnya bertani dengan orang tuanya di dekat Ellis, Kansas hingga tahun 1884. Elias bekerja untuk Union Pacific Railroad dan menikah dengan Flora Call pada 1 Januari 1888 di Acron, Florida. Keluarga mereka lalu pindah ke Chicago, Illinois, tahun 1890, tempat saudaranya Robert tinggal. Pada tahun 1906, ketika Walt masih berusia empat tahun, Elias dan keluarganya pindah ke peternakan di Marceline, Missouri, tempat saudaranya Roy baru membeli tanah. Di Marceline, Disney mengembangkan minatnya terhadap seni lukis. Salah satu tetangganya, dokter bernama “Doc” Sherwood yang sudah pensiun, membayarnya untuk menggambar kuda milik Sherwood, Rupert. Disney juga mengembangkan minatnya terhadap kereta api di Marceline.

Keluarga Disney tetap tinggal di Marceline selama empat tahun sebelum pindah ke Kansas City tahun 1911. Di sana, Walt dan adiknya Ruth masuk ke Benton Grammar School, tempat ia bertemu Walter Pfeiffer. Pfeiffer memperkenalkan dunia vaudeville dan film kepada Walt. Selanjutnya, Walt menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Pfeiffer daripada di rumahnya sendiri. Ia mengikuti kursus hari Sabtu di Kansas City Art Institute Selama tinggal di Kansas City, Walt dan Ruth Disney juga sering mengunjungi Electric Park.

Selama “tahun tanpa beban” dari negara Walt muda  mulai hidup untuk mencintai, dan menghargai alam dan satwa liar, juga keluarga dan masyarakat, yang sebagian besar hidup agraria. Meskipun ayahnya bisa sangat keras, dan orang yang berkecukupan, Walt didorong oleh ibunya, dan kakak, Roy.

Bahkan setelah keluarga Disney pindah ke Kansas City, Walt terus berkembang dan berkembang dalam bakatnya untuk menggambar artistik. Selain menggambar, Walt mengambil sebuah kemampuan untuk bertindak dan melakukan. Di sekolah ia mulai menghibur teman-temannya dengan meniru layar diam nya pahlawan, Charlie Chaplin. Pada undangan guru, Walt  memberitahu teman-teman sekelasnya sebuah cerita, sambil menggambarkannya di papan kapur. Kemudian, tanpa izin ayahnya, Walt  menyelinap keluar rumah pada malam hari untuk melakukan sandiwara lucu di bioskop lokal.

Selama musim gugur tahun 1918, Disney mencoba mendaftarkan diri untuk layanan militer. Namun ia ditolak karena berada di bawah umur, karena hanya berumur enam belas tahun pada saat itu. Sebaliknya, Walt bergabung dengan Palang Merah dan dikirim ke  Perancis, di mana ia menghabiskan satu tahun mengemudi ambulans dan sebagai sopir pejabat Palang Merah. Ambulans Nya tertutup dari belakang ke buritan, bukan dengan lambang yang biasanya dipakai di ambulans, melainkan dengan kartun Disney.

Setelah ia kembali dari Perancis, ia ingin mengejar karir di bidang seni komersial, yang  menyebabkannya bereksperimen dalam animasi. Dia mulai memproduksi film animasi pendek untuk bisnis lokal, di Kansas City. Pada saat Walt memulai untuk membuat The Alice Comedies, yang menceritakan tentang seorang gadis yang diambil dari dalam kisah nyata dan petualangannya ke dalam dunia animasi, Walt kehabisan uang, dan perusahaannya Laugh-O-Grams mulai bangkrut. Alih-alih menyerah, Walt mengemas tasnya dan dengan cetakan yang belum selesai dari cerita The Alice Comedies di tangan, menuju Hollywood untuk memulai bisnis baru.

Flop awal dari The Alice Comedies membuat Walt semakin melawan rasa takut akan gagal, ia telah mempertaruhkan semuanya tiga atau empat kali dalam hidupnya. Saudara Walt, Roy O. Disney, sudah berada di California, dengan sejumlah besar simpati dan dorongan, dan $ 250. Pooling sumber daya mereka meminjam tambahan $ 500, dan mendirikan toko di garasi paman mereka. Tak lama kemudian, mereka menerima order dari New York untuk Alice pertama di Cartoonland (The Alice Comedies) featurette, dan saudara-saudaranya memperluas operasi produksi mereka ke bagian belakang sebuah kantor real Hollywood yang nyata. Itu adalah antusiasme Walt dan iman dalam dirinya bersama dengan yang lainnya, yang membawanya langsung ke bagian atas Hollywood kehadapan masyarakat.

Meskipun, Walt bukan maestro Hollywood yang khas. Ia tinggal di rumah dan makan malam bersama istrinya, Lillian, dan putrinya, Diane dan Sharon. Bahkan, bersosialisasi agak membosankan untuk Walt Disney. Biasanya dia akan mendominasi percakapan, dan  pendengar terpesona saat dia menjelaskan mimpi terbarunya atau usahanya. Orang-orang  mana yang dekat dengan Walt adalah mereka yang tinggal bersamanya, dan ide-idenya, atau keduanya.

Pada tanggal 13 Juli 1925, Walt menikahi salah satu karyawan pertama, Lillian Bounds, di Lewiston, Idaho. Kemudian mereka akan diberkati dengan dua anak perempuan, Diane dan Sharon. Tiga tahun setelah menikah Walt dan Lilly, Walt menciptakan karakter animasi baru, Mickey Mouse.

Bakatnya pertama kali digunakan dalam sebuah kartun diam berjudul Plane Crazy. Namun, sebelum kartun dapat dipublikasikan, suaranya sudah duluan diperdengarkan pada industri film. Dengan demikian, Mickey Mouse membuat debut layar di Steamboat Willie, kartun suara pertama disinkronisasi di dunia, yang perdana di Teater Colony di New York pada 18 November 1928.

Walt menyempurnakan seni animasi tak ada habis-habisnya. Technicolor pertama kali diperkenalkan untuk animasi selama produksi Fitur Konyol nya Kartun Symphonies. Walt Disney mendapat paten untuk Technicolor selama dua tahun, sehingga dia membuat kartun warna saja. Pada tahun 1932, Buah hasil produksi berhasil dimenangkan Walt pertama kali dari Academy Awards studio nya. Pada tahun 1937, ia merilis The Old Mill, subyek pendek pertama untuk memanfaatkan teknik kamera multi-pesawat.

Pada tanggal 21 Desember 1937, Putri Salju dan Tujuh Kurcaci, fitur full-length pertama musik animasi, perdana di Teater Carthay di Los Angeles. Film yang diproduksi dengan biaya $ 1.499.000 pernah terdengar selama kedalaman Depresi, film ini masih dianggap sebagai salah satu prestasi besar dan monumen langgeng dari industri film. Selama lima tahun ke depan, Walt Disney Studios selesai lain panjang penuh animasi klasik seperti Pinocchio, Fantasia, Dumbo, dan Bambi.

Walt jarang menunjukkan emosi, meskipun ia memiliki temperamen yang akan reda karena meledak. Di rumah,  ia adalah orang yang pengertian. Dia memberi cinta dengan menjadi tertarik, terlibat, dan selalu ada untuk keluarga dan teman. Putri Walt, Diane Disney Miller, pernah berkata:

Ayah tidak pernah melewatkan fungsi seorang ayah tidak peduli bagaimana saya diskon itu. Aku akan mengatakan, “Oh, Ayah, Anda tidak perlu datang Hanya saja beberapa hal bodoh..” Tapi dia selalu berada di sana, tepat waktu.

Mungkin saat yang paling menyakitkan dari kehidupan pribadi Walt, adalah kematian  ibunya pada tahun 1938. Setelah sukses besar dari Putri Salju dan Tujuh Kurcaci, Walt dan Roy membelikan rumah baru bagi orangtua mereka, Elias dan Flora Disney, yang rumahnya dekat dengan studio. Kurang dari sebulan kemudian Flora meninggal karena sesak napas disebabkan oleh tungku yang rusak di rumah baru. Rasa bersalah yang mengerikan ini Walt menyesal seumur  hidupnya.

Pada tahun 1940, konstruksi telah diselesaikan pada Studio Burbank, dan staf Disney membengkak menjadi lebih dari 1.000 seniman, animator, pria cerita, dan teknisi. Meskipun, karena Perang Dunia II 94 persen dari fasilitas Disney terlibat dalam pekerjaan pemerintah khusus, termasuk produksi pelatihan dan film propaganda untuk layanan yang bersenjata, serta film kesehatan yang masih ditunjukkan melalui-out dunia oleh AS Departemen Luar Negeri. Sisa dari upayanya dicurahkan untuk produksi subyek komedi pendek, dianggap sangat penting untuk moral sipil dan militer.

1945 fitur Disney, musikal The Three Caballeros, dikombinasikan live action dengan animasi kartun, sebuah proses yang digunakan dengan sukses dalam fitur lain seperti Kidung Selatan dan Maria yang sangat diakui Poppins. Secara keseluruhan, lebih dari 100 fitur diproduksi oleh studionya.

Pikiran dan rasa ingin tahu Walt  untuk pendidikan melalui hiburan menghasilkan seri pemenang penghargaan nyata-Life Adventure. Melalui film-film seperti The Desert Life, The Vanishing Prairie, The Lion Afrika, dan Wilderness White, Disney membawa wawasan yang menarik ke dalam dunia binatang liar dan mengajarkan pentingnya warisan bangsa melestarikan luar ruangan kami.

Impian Walt Disney dari sebuah taman hiburan bersih, dan terorganisir, menjadi kenyataan, seperti Disneyland Park dibuka pada 1955. Sebagai kerajaan sihir luar biasa $ 17 juta, segera telah meningkatkan investasi sepuluh kali lipat, dan pada awal kuartal kedua abad-nya, telah menghibur lebih dari 200 juta orang, termasuk presiden, raja dan ratu, dan royalti dari seluruh dunia.

Walt Disney Productions juga memasuki bidang-bidang hiburan yang lain. Pada tahun 1950, Treasure Island menjadi film fitur all-live-action pertama Disney, diikuti dengan 20,000 Leagues Under the Sea (dalam format CinemaScope, 1954), Old Yeller (1957), The Shaggy Dog (1959), Pollyanna (1960), Swiss Family Robinson (1960), The Absent-Minded Professor (1961), dan The Parent Trap (1961). Studio Walt Disney juga merilis acara TV spesial pertamanya yang berjudul One Hour in Wonderland pada tahun 1950. Disney juga memulai serial antologi mingguan di ABC yang berjudul Disneyland. Pada tahun 1955, dibuatlah acara televisi harian pertama Disney, yaitu Mickey Mouse Club yang disiarkan hingga 1990-an.

Ketika studio diperluas dan didiversivikasikan ke media-media lain, Disney kurang memberi perhatian kepada departemen animasi, mempercayakan kebanyakan operasinya kepada animator penting. Selama hayat Disney, departemen animasi berhasil membuat Lady and the Tramp (dalam format CinemaScope, 1955), Sleeping Beauty (dalam format Super Technirama 70mm, 1959), One Hundred and One Dalmatians (1961) dan The Sword in the Stone (1963).

Setelah tahun 1955, acara TV Disneyland dikenal sebagai Walt Disney Presents, beralih dari hitam ptih ke siaran warna pada tahun 1961, dan mengganti namanya lagi menjadi Walt Disney’s Wonderful World of Color, pindah dari ABC ke NBC, dan akhirnya kembali mengganti namanya menjadi The Wonderful World of Disney yang terus disiarkan di NBC hingga diambil alih oleh CBS pada tahun 1981. Semenjak itu, seri antologi Walt Disney telah disiarkan dalam rangkaian ABC, NBC, Hallmark Channel dan Cartoon Network melalui persetujuan hak siar yang terpisah.

Disney telah membentuk divisi penerbitan musiknya pada tahun 1949. Pada tahun 1956, terinspirasi dari keberhasilan The Ballad of Davy Crockett, ia mendirikan Disneyland Records.

Awal 1960-an merupakan keberhasilan bagi Disney, dan Walt Disney Productions menjadi produsen utama hiburan dunia.

Setelah bertahun-tahun berusaha, Disney akhirnya memperoleh hak milik buku-buku P.L. Travers yang berkisah mengenai seorang pengasuh ajaib. Film Mary Poppins yang dirilis pada tahun 1964 merupakan filem Disney paling sukses sepanjang 1960-an.

Pada akhir 1966, Disney dijadwalkan menjalani operasi leher akibat cedera lama dari bermain polo. Pada 2 November 1966, selama operasi, dokter di Providence St. Joseph Medical Center mendapati bahwa Disney mengidap tumor di paru-paru kirinya. Lima hari kemudian, Disney kembali ke rumah sakit untuk operasi, tetapi tumor telah menyebar. Disney kemudian diberitahu bahwa hidupnya hanya tinggal enam bulan lagi. Pada 30 November 1966, Disney roboh di rumahnya, tetapi berhasil diselamatkan oleh paramedis, lalu dibawa kembali ke rumah sakit, tempat ia menghembuskan napas terakhirnya pada 15 Desember 1966, pukul 9:30 pagi, sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Jenazahnya dikremasi pada 17 Desember 1966, lalu abunya disimpan di Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California.

Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises.

Penghargaan

Academy Award

  • 1932: Best Short Subject, Cartoons untuk: Flowers and Trees (1932)
  • 1932: Honorary Award untuk: pembuatan Miki Tikus.
  • 1934: Best Short Subject, Cartoons untuk: Three Little Pigs (1933)
  • 1935: Best Short Subject, Cartoons untuk: The Tortoise and the Hare (1934)
  • 1936: Best Short Subject, Cartoons untuk: Three Orphan Kittens (1935)
  • 1937: Best Short Subject, Cartoons untuk: The Country Cousin (1936)
  • 1938: Best Short Subject, Cartoons untuk: The Old Mill (1937)
  • 1939: Best Short Subject, Cartoons untuk: Ferdinand the Bull (1938)
  • 1939: Honorary Award for Snow White and the Seven Dwarfs (1937)
  • 1940: Best Short Subject, Cartoons untuk: Ugly Duckling (1939)
  • 1941: Honorary Award untuk: Fantasia (1940)
  • 1942: Best Short Subject, Cartoons untuk: Lend a Paw (1941)
  • 1943: Best Short Subject, Cartoons untuk: Der Fuehrer’s Face (1942)
  • 1949: Best Short Subject, Two-reel untuk: Seal Island (1948)
  • 1949: Irving G. Thalberg Memorial Award
  • 1951: Best Short Subject, Two-reel untuk: Beaver Valley (1950)
  • 1952: Best Short Subject, Two-reel untuk: Nature’s Half Acre (1951)
  • 1953: Best Short Subject, Two-reel untuk: Water Birds (1952)
  • 1954: Best Documentary, Features untuk: The Living Desert (1953)
  • 1954: Best Documentary, Short Subjects untuk: The Alaskan Eskimo (1953)
  • 1954: Best Short Subject, Cartoons untuk: Toot Whistle Plunk and Boom (1953)
  • 1954: Best Short Subject, Two-reel untuk: Bear Country (1953)
  • 1955: Best Documentary, Features untuk: The Vanishing Prairie (1954)
  • 1956: Best Documentary, Short Subjects untuk: Men Against the Arctic
  • 1959: Best Short Subject, Live Action Subjects untuk: Grand Canyon
  • 1969: Best Short Subject, Cartoons untuk: Winnie the Pooh and the Blustery Day

Penghargaan lainnya

Sumber, Wikipedia
               http://www.justdisney.com

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: