Juan Gris – Pelukis Yang Handal

Juan Gris (23 Maret 1887 – 11 Mei 1927) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Spanyol. Juan Gris tinggal dan bekerja di Perancis menjadi pelukis handal dan ternama juga menjalankan profesinya sebagai pembuat patung. Dia pernah mendistribusikan gambar untuk majalah lokal.

José González Victoriano-Pérez lahir di Madrid pada tanggal 23 Maret, 1887 anak ayah Merchante, keluarga baik ditempatkan dan secara bertahap diizinkan masuk dalam kelas menengah.
Antara 1904 dan 1906 belajar di Sekolah Seni dan Kerajinan di Madrid dan di studio José Moreno Carbonero. Sebagai seorang remaja adalah ilustrator publikasi seperti Hitam dan Putih dan Madrid.

Dia pindah ke Paris pada tahun 1906 dan memiliki sahabat disana. Sahabat terbaiknya adalah Henri Matisse, Georges Braque, Fernand Léger. Dia dilukis oleh temannya tahun 1915 dan mulai menjalakna profesinya itu mengikuti jejak teman-temannya.

Juan Gris belajar gambar mesin di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid 1902-1904. Meskipun dia kirimkan ilustrasi muram lucu untuk jurnal seperti Le Rire, L’Assiette au beurre, Le Charivari, dan Le Cri de Paris, Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912. Dia mengembakan beberapa gaya yang salahsatunya adalah gaya Kubisme Pribadi. Potretnya dari Picasso pada tahun 1912 adalah awal yang signifikan Cubist pengecatan dilakukan oleh seorang pelukis selain Picasso atau Braque.

Pada awalnya Gris dicat dengan gaya analitik Kubisme, tapi setelah 1913 ia mulai konversi ke Kubisme sintetik, dimana ia menjadi juru teguh, dengan penggunaan luas kolase papier Colle atau,. Tidak seperti Picasso dan Braque, yang karya Kubisme adalah monokromatik, Gris dicat dengan warna cerah yang harmonis di berani, kombinasi baru dengan cara temannya Matisse. Gris dipamerkan dengan pelukis dari Grup Puteaux di Salon de la Bagian d’Or pada tahun 1912. Preferensi-Nya untuk kejelasan dan ketertiban dipengaruhi gaya Purist dari Amedee Ozenfant dan Charles Edouard Jeanneret (Le Corbusier), dan membuat Gris sebuah contoh penting dari “kembalinya keamanan” pasca-perang gerakan.

Pada tahun 1924, ia pertama kali dirancang set balet dan kostum untuk Sergei Diaghilev dan Balet terkenal Russes.

Gris diartikulasikan sebagian besar teori-teori estetika selama 1924 dan 1925. Dia memberikan ceramah definitif nya, Des possibilites de la peinture, di Sorbonne pada tahun 1924. Mayor Gris pameran berlangsung di Simon Galerie di Paris dan Flechtheim Galerie di Berlin pada tahun 1923, dan pada Flechtheim Galerie di Düsseldorf pada tahun 1925.

Setelah Oktober 1925, Gris adalah sering sakit dengan serangan dari masalah uremia dan jantung. Dia meninggal karena gagal ginjal  di Boulogne-sur-Seine (Paris) pada 12 Mei 1927, pada usia 40, meninggalkan seorang istri, Josette, dan seorang putra, Georges.

Sumber, Wikipedia

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: