Samuel Finley Breese Morse – Pencipta Telegraf

Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791 – meninggal di New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 pada umur 80 tahun) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang disebut kode Morse.

Ia mendapat ilham untuk membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: “What hath God wrought”, kata-kata dalam pesan itu adalah, “Apakah yang telah Tuhan tulis?”

Perjalanan Hidup

Minat Lukisan

Samuel Morse adalah seorang pelukis. Keyakinan Calvinis Nya yang hadir dalam lukisannya dengan fitur wajah keras dari orang-orang yang digambarkan dalam gambar nya serta pakaian sederhana mereka. Seni menarik perhatian Washington Allston, seorang seniman terkenal, yang meminta Morse untuk pergi ke Inggris untuk bertemu dengan Benjamin Barat, seniman. Dia setuju untuk tinggal di sana selama tiga tahun. Ketika ia sampai di sana, ia bekerja keras pada lukisannya, dan pada tahun 1811, ia diterima di Royal Academy. Dia tertarik Neo-klasik seni Renaisans dan terutama tertarik Raphael dan Michelangelo. Dia bekerja pada gambar hidup dan menghasilkan sebuah lukisan yang disebut Hercules Mati. Menjadi jelas bahwa Morse mengembangkan anti-federalis pandangan. Lain dari lukisannya disebut Pengadilan Jupiter, dan ide Calvinis nya merupakan bagian dari lukisan itu. Dari 1815 sampai 1825, dia memiliki pertumbuhan yang kuat dalam lukisannya dan ia mencoba untuk menangkap budaya dan kehidupan Amerika. Dia mampu melukis mantan Presiden John Adams. Dia juga melukis Hakim Woodward.

Antara tahun 1819 dan 1821, Morse memiliki perubahan dalam hidupnya ketika kota memiliki resesi ekonomi karena Panic tahun 1819. Ayahnya harus mengundurkan diri dari pekerjaan pelayanannya dan tidak mampu menghentikan konflik di dalam Calvinisme. Dia tampak menarik diri dari pandangan-pandangan agama ayahnya karena ia berpihak kepada Unitarian. Dia juga ditugaskan untuk melukis Presiden James Monroe, seorang Demokrat Jeffersonian. Dia juga melukis Marquis de Lafayette, yang adalah pendukung besar Revolusi Amerika. Dari 1830-1832, Morse berada di Eropa, bekerja pada peningkatan keterampilan lukisannya. Dia juga melakukan perjalanan ke Swiss, Italia, dan Perancis.

Penemuan Telegraph

Pada tahun 1825, Morse ditugaskan oleh kota New York untuk melukis potret Marquis de Lafayette di Washington sebesar $ 1.000. Sementara lukisan, sebuah pesan disampaikan oleh utusan kuda yang mengatakan bahwa istrinya sakit. Pada saat ia tiba, ia sudah meninggal dan dikuburkan. Dia patah hati mengetahui bahwa dia tidak tahu tentang kesehatan gagal istri dan tidak ada di sana untuknya selama kesepian kematiannya . Dia kemudian memutuskan untuk mengakhiri lukisan untuk mulai menemukan cara untuk meningkatkan komunikasi jarak jauh. Penemuan ini akhirnya akan sangat mempengaruhi Revolusi Industri di Amerika. Pada 1832, ia bertemu Charles Thomas Jackson yang tahu tentang elektromagnetisme. Dia melihat banyak percobaan dengan elektromagnet, dan begitu Morse mengembangkan konsep sebuah telegraf dengan kabel tunggal. Telegraf asli oleh Morse yang diajukan dengan aplikasi untuk paten, sekarang di Museum Nasional Sejarah Amerika di Smithsonian Institution. Kode Morse kemudian menjadi bahasa utama telegrafi seluruh seluruh dunia. Hal ini juga masih standar untuk transmisi data berirama.

Morse memiliki masalah mendapatkan sinyal telegraf untuk dapat membawa lebih kawat selama lebih dari beberapa ratus meter dari kawat. Terobosan-Nya memang datang dari Profesor Leonard Gale, seorang professor kimia di Universitas New York. Dia segera setelah dapat mengirim pesannya lebih dari sepuluh mil dari kawat. Pada 1838, ia melakukan perjalanan ke Washington DC, tapi tidak mampu mendapatkan sponsor federal untuk jalur telegraf nya. Lalu ia pergi ke Eropa untuk mendapatkan hak paten dan sponsor, tapi belajar bahwa Wheatstone dan Cooke di sana sebelum dia. Dia kemudian bisa mendapatkan dukungan finansial dari Francis Ormand Jonathan Smith, seorang anggota Kongres Maine. Pada bulan Desember 1842, ia diberi $ 30.000 untuk membangun saluran telegraf 38 mil dari Washington, DC ke Baltimore, Maryland. Jalur ini dibuka pada 24 Mei 1844, dan Morse mampu mengirim pesan dari Stasiun B & O Clare Gunung yang berada di Baltimore di Gedung Capitol. Perusahaan Telegraph Magnetic dibentuk pada bulan Mei dari 1845 untuk jalur telegraf memancar dari New York City ke Philadelphia, Boston, Buffal, New York, serta Mississippi.

Morse juga berusaha keras agar pemenang gugatan yang memungkinkan dia untuk disebut “penemu telegraf.” Dia mempromosikan dirinya sebagai penemu. Ia menerima patennya untuk telegraf pada tahun 1847. Para Morse telgraphic aparat diadopsi sebagai standar untuk telegrafi pada 1851.

Keluarga

Samuel Morse menikah Lucretia Pickering Walker pada tanggal 29 September 1819 di New Hampshire. Pada tanggal 7 Februari 1825, dia meninggal, hanya beberapa saat setelah anak keempat mereka lahir. Anak-anak mereka Susan, Elizabeth, Charles, dan James. Dia menikah lagi jauh di kemudian hari pada tanggal 10 Agustus 1848 hingga Sarah Elizabeth Griswold. Mereka memiliki empat anak bersama: Samuel, Cornelia, William, dan Edward.

Usia Lanjut

Samuel Morse tidak memiliki paten untuk telegraf selama beberapa tahun, karena diperebutkan dan diabaikan. Kasus mengenai patennya berada di tangan Mahkamah Agung AS pada tahun 1853, dan Hakim Agung Roger B. Taney membuat keputusan bahwa Morse telah menjadi yang pertama untuk menggabungkan elektromagnet, elektromagnetisme, dan baterai menjadi sebuah telegraf yang bekerja. Morse masih tidak menerima bentuk pengakuan resmi dari pemerintah Amerika Serikat. Ia dibantu oleh Duta Besar Amerika di Paris, Perancis, dan pemerintah Eropa ditanyai tentang bagaimana mereka telah mengabaikan Samuel Morse, namun digunakan penemuannya. Pada 1858, Samuel Morse diberikan jumlah dari 400.000 franc Perancis, yang adalah sekitar $ 80.000 pada saat yang dari Austria, Piedmont, Belgia, Prancis, Rusia, Turki, Tuscany, dan Swedia. Di Amerika Serikat, ia tidak menerima pengakuan.

Pada tanggal 10 Juni 1871, patung perunggu dia ditempatkan di Central Park di New York City. Selain itu, ada potret terukir dari Morse pada sisi sebaliknya dari sertifikat dua dolar tagihan perak dari Amerika Serikat pada 1896. Selain penemuan telegraf, dia juga menciptakan sebuah mesin pemotongan marmer . Ia memiliki kemampuan untuk mengukir patung tiga dimensi  terbuat dari batu atau marmer. Namun dia tidak mampu untuk mendapatkan paten karena sudah ada desain pada 1820 oleh Thomas Blanchard.

Samuel Morse dikenal sebagai pembela perbudakan. Dia juga memberikan baik jumlah uang untuk amal. Dia memberikan dana untuk membangun hubungan antara Sains dan Alkitab. Ia tidak pernah menerima nilai moneter sejati telegraf dipatenkan, tapi ia tidak pahit tentang itu, dan pada saat kematiannya, real-nya bernilai sekitar $ 500.000.

Morse hidup sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu ia meninggal.

Sumber, Wikipedia
              Samuelmorsebiography.com

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: