James Naismith – Pencipta Olahraga Basket

James Naismith (Almonte, Canada West (kini bagian dari Ontario), 6 November 1861–28 November 1939) adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football.
Saat bekerja sebagai guru Pendidikan Jasmani (physical education) di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts pada tahun 1891, ia diajak untuk mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasikan sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui pass (lemparan).
Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, ia dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Terlahir sebagai warga Kanada, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925.

Naismith adalah anak tertua dari Margaret dan John Naismith, dua imigran Skotlandia. Ibunya, Margaret Young, lahir pada tahun 1833 dan berimigrasi sebagai anak keempat dari 11 anak-anak untuk Lanark County, Kanada pada tahun 1852 . Ayahnya, John Naismith, lahir pada tahun 1836, meninggalkan Eropa ketika ia berusia 18 dan juga tenang di Lanark di Setelah menikah., John Naismith bekerja sebagai tangan gergaji, tapi sayangnya, pasangan ini segera dikontrak demam tipus dan meninggal ketika Naismith hanya 9 tahun. Ia kemudian dibesarkan oleh seorang nenek, agama yang ketat dan pamannya Peter . Pada tanggal 20 Juni 1894, Naismith menikah Maude E. Sherman dari Springfield, MA, Amerika Serikat. Pasangan itu memiliki lima anak:. Margaret Mason (1895-1976), Helen Carolyn (1897-1980), John Edwin (1900-1986), Maude Ann (1904-1972) dan James Sherman (1913-1980) Dia adalah anggota Pi dan Phi Mu Gamma Sigma Epsilon persaudaraan, dan tentang keyakinan spiritualnya, Naismith dikenang sebagai seorang Freemason. Naismith meninggal dunia 28 November 1939, kurang dari enam bulan setelah menikah untuk kedua kalinya.Naismith mengalami pendarahan otak besar pada 19 November tahun yang sama dan meninggal sembilan hari kemudian di rumahnya yang terletak di Lawrence, Kansas. Naismith adalah 78 tahun. Naismith dimakamkan dengan istri pertamanya di Memorial Park Cemetery di Lawrence, KS. Kincaid Florence meninggal pada 1977 pada usia 98 dan dimakamkan dengan pertama suami nya Dr Frank B. Kincaid di Elmwood Cemetery di Beloit, KS.

Sumber, http://www.biography.com
               Wikipedia

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: