Bartolomeo Cristofori – Pencipta Piano

Bartolomeo Cristofori di Francesco (4 Mei 1655 – 27 Januari 1731) adalah seorang Italia pembuat alat musik, umumnya dianggap sebagai penemu piano .

Bahan-bahan sumber yang tersedia pada kehidupan Cristofori termasuk kelahirannya dan catatan kematian, dua surat wasiat, tagihan dia kirimkan ke majikan, dan wawancara tunggal dilakukan dengan Scipione Maffei . Dari yang terakhir, kita memiliki kedua catatan Maffei dan artikel jurnal yang diterbitkan.

Cristofori lahir di Padua di Republik Venesia . Tidak ada yang diketahui dari kehidupan awal. Sebuah kisah diceritakan bahwa ia menjabat sebagai magang ke pembuat biola besar Nicolò Amati , berdasarkan penampilan dalam catatan sensus 1680 dari sebuah hidup “Bartolomei Christofaro” di rumah Amati di Cremona . Namun, seperti Stewart Serbuk sari menunjukkan (lihat Referensi di bawah), orang ini tidak dapat Bartolomeo Cristofori, karena sensus mencatat usia 13 tahun, sedangkan Cristofori menurut catatan baptisnya akan menjadi 25 pada saat itu. Serbuk sari juga meragukan keaslian cello dan instrumen double bass kadang-kadang dikaitkan dengan Cristofori.

Mungkin peristiwa yang paling penting dalam hidup Cristofori adalah yang pertama yang kita memiliki catatan apapun: pada tahun 1688, pada usia 33, ia direkrut untuk bekerja untuk Prince Ferdinando de Medici . Ferdinando, pecinta dan pelindung musik, adalah anak dan ahli waris dari Cosimo III , yang merupakan salah satu yang terakhir dari Dukes Grand Tuscany . Tuscany pada waktu masih sebuah negara merdeka yang kecil.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan Ferdinando untuk merekrut Cristofori. Pangeran pergi ke Venice pada tahun 1688 untuk menghadiri Karnaval , maka ia mungkin telah bertemu Cristofori melewati Padua dalam perjalanan pulang. Ferdinando sedang mencari teknisi baru untuk mengurus banyak instrumen musiknya, incumbent sebelumnya karena baru saja meninggal. Namun, tampaknya mungkin bahwa Pangeran ingin menyewa Cristofori tidak hanya sebagai teknisi, tapi khusus sebagai inovator dalam alat musik. Akan mengherankan jika Cristofori pada usia 33 tidak sudah menunjukkan cipta untuk inilah dia kemudian menjadi terkenal.

Bukti-semua-yang mendalam Cristofori mungkin telah disewa sebagai penemu adalah sebagai berikut. Menurut Stewart Serbuk sari , sudah ada sejumlah individu yang berkualitas di Florence yang bisa mengisi posisi, namun Pangeran melewati mereka berakhir, dan membayar Cristofori gaji yang lebih tinggi dari pendahulunya. Selain itu, catatan Serbuk sari, “anehnya, [di antara banyak tagihan Cristofori disampaikan kepada majikannya] tidak ada catatan tagihan diajukan untuk Cristofori pianofortes … Ini bisa berarti bahwa Cristofori diharapkan untuk menyerahkan buah dari eksperimen ke pengadilan . ” Terakhir, Pangeran itu ternyata terpesona dengan mesin (dia mengumpulkan lebih dari empat puluh jam, selain berbagai macam alat musik yang rumit), dan dengan demikian akan secara alami tertarik pada tindakan mekanis rumit yang merupakan inti dari pekerjaan Cristofori pada piano .

Wawancara Maffei yang melaporkan memori Cristofori dari percakapannya dengan sang pangeran saat ini:

che fu detto al Principe, che non volevo; rispos ‘Egli Il Faro volere io.

yang Giuliana Montanari (referensi di bawah) diterjemahkan sebagai:

Pangeran diberitahu bahwa saya tidak ingin pergi, ia menjawab bahwa ia akan membuat saya ingin

Hal ini menunjukkan bahwa Pangeran itu mungkin merasa bahwa Cristofori akan menjadi merekrut hadiah dan mencoba pesona dia untuk menerima tawarannya; konsisten lagi dengan pandangan bahwa Pangeran berusaha untuk merekrutnya sebagai penemu.

Dalam hal apapun, Cristofori setuju untuk pengangkatan, untuk gaji 12 scudi per bulan. Dia pindah agak cepat ke Florence (Mei 1688; wawancara pekerjaan telah terjadi pada Maret atau April), dikeluarkan sebuah rumah, lengkap dengan peralatan dan peralatan, oleh administrasi Grand Duke, dan mulai bekerja. Untuk Pangeran, ia disetel, dipelihara, dan diangkut instrumen; bekerja pada berbagai penemuan, dan juga melakukan pekerjaan restorasi pada Harpsichord tua berharga.

Pada saat ini, Dukes Grand Tuscany mempekerjakan staf besar dari sekitar 100 perajin, yang bekerja di Galleria dei Lavori dari Uffizi . Ruang kerja awal Cristofori mungkin di daerah ini, yang tidak menyenangkan hatinya. Dia kemudian mengatakan kepada Maffei:

che da principio durava fatica iklan andare Nello stanzone di questo strepito

Sulit bagi saya untuk harus pergi ke ruang besar dengan semua yang kebisingan (tr. Montanari)

Cristofori itu akhirnya mendapatkan bengkel sendiri, biasanya menjaga satu atau dua asisten yang bekerja untuknya.

Selama tahun-tahun sisa abad ke-17, Cristofori menemukan dua instrumen keyboard sebelum ia mulai karyanya pada piano. Instrumen ini didokumentasikan dalam inventarisasi, 1700 tanggal, dari banyak instrumen yang disimpan oleh Pangeran Ferdinando. Stewart Serbuk sari dugaan bahwa persediaan ini disusun oleh seorang musisi bernama Giovanni pengadilan Fuga, yang mungkin menyebutnya sebagai sendiri dalam sebuah surat 1716.

Para spinettone , Italia untuk “Spinet besar”, adalah, besar multi-choired Spinet (harpsichord dimana string miring untuk menghemat ruang), dengan disposisi 1 8 x ‘, 1 x 4’;  spinets paling memiliki disposisi sederhana 1 x 8 ‘. Penemuan ini mungkin telah dimaksudkan untuk masuk ke dalam pit orkestra yang padat dengan pertunjukan teater, sementara memiliki suara lebih keras dari alat multi-choired.

Penemuan lain (1690) adalah sangat asli Spinet oval , semacam perawan dengan string terpanjang di tengah kasus ini.

Diperkirakan untuk beberapa waktu bahwa penyebutan sebelumnya piano adalah dari buku harian Francesco Mannucci, seorang musisi pengadilan Medici, menunjukkan bahwa Cristofori sudah bekerja di piano oleh 1698. Namun, keaslian dokumen ini sekarang diragukan.  Bukti jelas pertama untuk piano berasal dari persediaan 1700 dari Medici disebutkan pada bagian sebelumnya. Entri dalam inventarisasi ini untuk piano Cristofori dimulai sebagai berikut:

Un Arpicembalo di Bartolomeo Cristofori di nuova inventione, bab fa ‘il piano, e il forte, sebuahkarena registri principali unisoni, con suka di cipresso rosa senza … (huruf bergaris ditambahkan)

Sebuah besar “Arpicembalo” oleh Bartolomeo Cristofori, penemuan baru yang menghasilkan lembut dan keras, dengan dua set string di lapangan bersama-sama, dengan papan suara dari cemara tanpa mawar … “

Istilah “Arpicembalo”, harfiah “kecapi-piano kuno”, pada umumnya tidak akrab di hari Cristofori. Menyimpulkan Edward Baik bahwa ini adalah apa Cristofori sendiri ingin alat-Nya untuk dipanggil.  kata kita sendiri untuk piano, bagaimanapun, adalah hasil dari pemotongan bertahap dari waktu ke waktu dari kata-kata ditampilkan dalam huruf tebal di atas.

Persediaan Medici melanjutkan dengan menggambarkan instrumen secara rinci yang cukup besar. Kisaran instrumen ini (sekarang hilang) adalah empat hanya oktaf, C ke c “” ‘dalam notasi lapangan Helmholtz .

Dokumen lain yang mengacu pada piano paling awal adalah catatan pinggir yang dibuat oleh salah satu musisi pengadilan Medici, Federigo Meccoli, dalam satu salinan dari buku Le Istitutioni harmoniche oleh Gioseffo Zarlino . Meccoli wrote:

Ini adalah cara di mana dimungkinkan untuk memainkan Arpicimbalo del piano e forte, diciptakan oleh Guru Bartolomeo Christofani  dari Padua pada tahun 1700, piano kuno pembuat kepada Pangeran Grand Kebanyakan Serene Ferdinand dari Tuscany. (Transl. Stewart Serbuk sari )

Menurut artikel jurnal Scipione Maffei itu, dengan 1711 Cristofori telah membangun tiga piano. Satu telah diberikan oleh Medici untuk Kardinal Ottoboni di Roma, dan dua telah dijual di Florence.

Pelindung Cristofori, Pangeran Ferdinando, meninggal pada usia 50 pada tahun 1713. Ada bukti bahwa ia terus bekerja untuk istana Medici, masih dipimpin oleh Pangeran ayah Cosimo III. Secara khusus, persediaan 1716 dari koleksi alat musik ditandatangani “Bartolommeo Cristofori penjaga gedung”, menunjukkan bahwa Cristofori telah diberi gelar pemelihara koleksi.

Selama awal abad 18, kesejahteraan para pangeran Medici menurun, dan seperti banyak pengrajin Medici-dipekerjakan lain, Cristofori dibutuhkan untuk menjual karyanya kepada orang lain. Raja Portugal membeli salah satu instrumennya.

Pada 1726, potret hanya diketahui dari Cristofori dicat. Ini menggambarkan penemu berdiri dengan bangga di samping apa yang hampir pasti piano. Di tangan kirinya adalah selembar kertas, yang diyakini mengandung diagram aksi piano Cristofori. Potret ini hancur dalam Perang Dunia II, dan hanya foto-foto itu tetap.

Cristofori terus membuat piano sampai menjelang akhir hidupnya, terus melakukan perbaikan dalam penemuannya. Dalam beberapa tahun seniornya, ia dibantu oleh Giovanni Ferrini , yang kemudian memiliki karir sendiri dibedakan, melanjutkan tradisi tuannya. Ada bukti tentatif bahwa ada asisten lain, P. Domenico Dal Mela, yang kemudian pada 1739 untuk membangun piano pertama.

Dalam tahun-tahun menurun Cristofori menyiapkan dua kehendaki. Yang pertama, tanggal 24 Januari 1729, mewariskan semua alat untuk Giovanni Ferrini. Kehendak kedua, tanggal 23 Maret tahun yang sama, perubahan ketentuan substansial, mewariskan hampir semua miliknya ke “Mela saudara Dal … dalam pembayaran untuk bantuan lanjutan mereka dipinjamkan kepadanya selama penyakitnya dan indispositions, dan juga dalam nama amal. ” Ini akan meninggalkan jumlah kecil dari lima scudi untuk Ferrini. Serbuk sari mencatat bukti lebih lanjut dari kehendak bahwa ini tercermin tidak jatuh antara Cristofori dan Ferrini, tetapi hanya kewajiban moral Cristofori untuk pengasuh nya. Penemunya meninggal pada tanggal 27 Januari 1731.

Sumber, Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: