John Boyd Dunlop – Pencipta Ban Angin

John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 Februari 1840 – meninggal di Dublin, 23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, beliau merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company.

Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban yang berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop

Willie Hume menunjukkan supremasi ban baru diciptakan Dunlop itu pneumatik pada tahun 1889, memenangkan balapan pertama ban pernah di Irlandia dan kemudian Inggris.  Kapten ‘Cruiser pesepeda Belfast Club’, ia menjadi anggota pertama dari publik untuk membeli sebuah sepeda dilengkapi dengan ban pneumatik, sehingga Dunlop menyarankan ia harus menggunakan mereka berlomba. Pada 18 Mei 1889 Hume memenangkan semua acara bersepeda empat di Ratu Sekolah Tinggi Olahraga di Belfast, dan beberapa saat kemudian di Liverpool, memenangkan semua kecuali satu dari peristiwa bersepeda.

Dua tahun setelah ia diberi Dunlop paten secara resmi diberitahu bahwa itu tidak valid sebagai Skotlandia penemu Robert William Thomson (1822-1873), telah mematenkan ide di Perancis pada tahun 1846 dan di Amerika Serikat pada tahun 1847. Dunlop paten itu kemudian dinyatakan tidak berlaku berdasarkan prior art Thomson, lihat Ban .

Pengembangan Dunlop dari ban pneumatik tiba pada saat penting dalam pengembangan transportasi jalan . Produksi komersial dimulai pada tahun 1890-an di Belfast. Dunlop ditugaskan patennya untuk William Harvey Du Cros , sebagai imbalan atas 1.500 saham di perusahaan yang dihasilkan dan pada akhirnya tidak membuat keberuntungan besar dengan penemuannya. Dunlop meninggal di Dublin , dan dimakamkan di Pemakaman Dekan Grange .

Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921.

Sumber, Wikipedia

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: