Mihalis Lazaridis -Pendiri BlackBerry

Mihalis “Mike” Lazaridis, (Μιχάλης Λαζαρίδης) (lahir di Istanbul, Turki, 14 Maret 1961; umur 50 tahun) adalah seorang pengusaha Kanada. Ia adalah pendiri dan co-CEO Research In Motion (RIM), yang menciptakan dan memproduksi perangkat BlackBerry genggam nirkabel. Ia juga seorang mantan rektor University of Waterloo, dan pejabat Order of Canada. Dengan kekayaan bersih diperkirakan sebanyak US $ 1,9 miliar (per Maret 2011), Lazaridis memperoleh peringkat ke-17 oleh Forbes sebagai orang terkaya di Kanada dan peringkat ke-651 di dunia.

Pada 22 Januari 2012, ia dan Jim Balsillie memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai co-CEO RIM. Selanjutnya posisi CEO akan dipegang oleh Thorsten Heins, mantan eksekutif Siemens yang bergabung dengan RIM pada 2007 . Namun ia masih masuk dalam jajaran dewan perusahaan dan juga akan tetap aktif sebagai vice-chairman & head of innovation committee.

Lahir di Istanbul, dengan orang tua asal Turki dan beretnis Yunani, Lazaridis berusia lima tahun ketika keluarganya pindah ke Kanada pada tahun 1966, lalu menetap di Windsor, Ontario. Pada usia 12 tahun, ia memenangkan hadiah di Windsor Public Library karena membaca setiap buku ilmu pengetahuan di perpustakaan. Pada tahun 1979, ia melanjutkan kuliah di University of Waterloo di bidang teknik listrik dengan jurusan ilmu komputer. Pada tahun 1984, Lazaridis menanggapi permintaan proposal dari General Motors untuk mengembangkan jaringan komputer sistem kontrol layar. GM memberikannya kontrak sebesar US $ 500.000 Ia mengundurkan diri dari universitas tahun itu, hanya dua bulan sebelum ia dijadwalkan untuk lulus. Kontrak GM, hibah pemerintah kecil, dan pinjaman $ 15.000 dari orang tua Lazaridis yang menyanggupi Lazaridis, Mike Barnstijn, dan Douglas Fregin untuk meluncurkan Research In Motion.

Salah satu prestasi pertama perusahaannya adalah pengembangan teknologi barcode untuk film. RIM memperoleh keuntungan dari itu dalam penelitian transmisi data nirkabel, yang akhirnya mengarah pada pengenalan perangkat nirkabel BlackBerry mobile pada tahun 1999, dan versi yang lebih terkenal di tahun 2002.

Pada tanggal 23 Oktober 2000, Lazaridis mendirikan Perimeter Institute for Theoritical Physics sebesar $ 100 juta dari dana pribadi, bersama dengan $ 10.000.000 kontribusi dari sesama eksekutif RIM Jim Balsillie dan Douglas Fregin.
Pada tanggal 30 April 2004, Lazaridis dan istrinya bersama-sama menyumbangkan $ 33.300.000 untuk University of Waterloo untuk Quantum Computing.
Pada 3 Mei 2005, Lazaridis memberikan tambahan $ 17,2 juta ke Universitas Waterloo, terutama untuk membantu pembangunan gedung baru bersama-sama dengan Institute for Quantum Computing dan Waterloo Institute for Nanotechnology.
Pada tanggal 4 Juni 2008, sumbangan selanjutnya US $ 50 juta untuk Perimeter Institute for Theoritical Physics diberitahukan.
Pada tanggal 5 Juni, 2009 dengan menyumbangkan hadiah baru sebesar US $ 25 juta, Lazaridis dan istrinya telah menyumbangkan lebih dari US $ 100 juta untuk Institute for Quantum Computing di University of Waterloo.

Pada tanggal 21 Oktober 2000, Lazaridis menerima gelar kehormatan Doctor of Engineering dari University of Waterloo, dan pada Juni 2003, ia menjadi rektor kedelapan. Ia dijuluki Canada’s Nation Builder untuk tahun 2002 oleh pembaca The Globe and Mail menjadi Officer Ordo Kanada dan anggota Orde Ontario. Pada tahun 2006, ia diangkat menjadi pejabat Order of Canada dan menjadi anggota Order of Ontario.

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: