Leo Hendrik Baekeland – Pencipta Plastik

Leo Hendrik Baekeland (Sint-Martens-Latem (dekat Ghent), 14 November 1863 – 23 Februari 1944) adalah seorang kimiawan Belgia yang menemukan kertas foto Velox (1893) dan Bakelite (1907), sebuah, murah tidak mudah menyala, serbaguna, dan populer plastik, yang menandai awal industri modern plastik.

Leo Baekeland lahir di Sint-Martens-Latem dekat Ghent, Belgia, Baekeland adalah anak dari seorang tukang sepatu dan pembantu. Dia mengatakan kepada The Literary Digest: “‘. Tanah Beacon’ Nama adalah makna kata Belanda”  Ia lulus dengan pujian dari Sekolah Teknik Ghent Kota dan telah diberikan beasiswa oleh Kota Ghent untuk belajar kimia di Universitas Gent, di mana ia memperoleh gelar PhD maxima cum laude pada usia 21. Dia kemudian ditunjuk sebagai profesor kimia pada tahun 1889, dan menikah Swarts Céline, putri kepala departemen.

Pada tahun 1889 Baekeland berbulan madu di New York, di mana ia bertemu Richard Anthony, dari E. dan HT Anthony fotografi perusahaan. Baekeland telah menciptakan proses untuk mengembangkan pelat fotografi menggunakan air sebagai pengganti bahan kimia, dan tertarik untuk pindah ke Amerika;. Anthony melihat potensi dalam ahli kimia muda dan menawarkan pekerjaan.

Baekeland bekerja untuk perusahaan Anthony selama dua tahun, dan pada 1891 mendirikan bisnis untuk dirinya sebagai seorang ahli kimia konsultasi. Namun, mantra dana penyakit dan menghilang membuatnya memikirkan kembali tindakannya dan ia memutuskan untuk kembali ke bunga lamanya memproduksi kertas fotografi yang memungkinkan gambar yang bagus akan diambil dalam cahaya buatan. Setelah dua tahun usaha intensif ia menyempurnakan proses untuk menghasilkan kertas, yang bernama Velox, itu adalah kertas foto pertama yang sukses. Pada saat itu AS menderita resesi dan tidak ada investor atau pembeli untuk produk yang diusulkan baru, jadi Baekeland menjadi mitra dengan Leonardi Jacobi dan mendirikan Chemical Company Nepera di Nepera Park, Yonkers, New York .

Pada tahun 1899 Baekeland diundang untuk bertemu George Eastman, yang langsung menawarinya $ 1.000.000  untuk proses Velox nya. Baekeland diterima sekaligus.  Dengan sebagian uang itu ia membeli “Rock Snug”, sebuah rumah di Yonkers, New York, dan mengatur sendiri lengkap laboratorium.

Dia dipatenkan lebih dari 55 penemuan, termasuk proses untuk pemisahan tembaga dan kadmium, untuk impregnasi kayu, dll.

Ketika ditanya mengapa dia memasuki bidang resin sintetis, Baekeland menjawab “untuk membuat uang.” Tujuan pertama adalah untuk menemukan penggantian untuk lak (terbuat dari ekskresi lac kumbang) Kimiawan telah mulai menyadari bahwa banyak dari resin alami dan serat adalah polimer.. Baekeland mulai menyelidiki reaksi fenol dan formaldehida. Dia pertama kali menghasilkan fenol-formaldehida lak larut disebut “Novolak” yang tidak pernah menjadi sukses pasar sebagai sebuah merek, tetapi masih ada sebagai novolak. Dia kemudian berbalik untuk mengembangkan pengikat untuk asbes, yang pada saat itu dicetak dengan karet. Dengan mengontrol tekanan dan suhu diterapkan pada fenol dan formaldehida, ia bisa memproduksi nya bermimpi-dari plastik moldable keras:. Bakelite  Nama resmi Bakelite adalah polyoxybenzylmethylenglycolanhydride  Nya US Patent # 942.699, Metode pembuatan produk yang tidak larut. formaldehida dan fenol, diajukan pada bulan Juli 1907, dan dipatenkan pada 7 Desember 1909. Penemuan ini menggambarkan sebuah metode menghasilkan, sulit kompak, produk kondensasi larut dan infusable dari fenol dan formaldehid.

Pada Februari 1909 Baekeland resmi mengumumkan prestasinya pada pertemuan bagian New York dari American Chemical Society.

Pada tahun 1922, setelah litigasi paten menguntungkan Baekeland, Jenderal Bakelite Co, yang telah didirikan pada tahun 1910, bersama dengan Co Condensite didirikan oleh Aylesworth, dan Kimia Redmanol Products Co didirikan oleh LV Redman, bergabung ke dalam Corporation Bakelite.

Penemuan Bakelite menandai awal Zaman Plastik.  Bakelite dibuat dari fenol (kemudian dikenal sebagai asam karbol) dan formaldehid. Ini dapat campuran, dipanaskan, dan kemudian dibentuk atau diekstrusi . Penghargaan Nobel dalam Kimia memenangkan Jerman Adolf von Baeyer telah bereksperimen dengan bahan ini pada tahun 1872, tetapi tidak menyelesaikan perkembangannya. Bakelite mengambil industri oleh badai setelah 1907.

Bakelite adalah plastik pertama kali ditemukan yang diselenggarakan bentuknya setelah dipanaskan. Radio, telepon dan isolator listrik terbuat dari bakelite karena sifat isolasi dan panas-perlawanan. Segera itu merambah hampir semua cabang industri.

Pada kematiannya pada 1944, produksi dunia bakelite adalah ca. 175.000 ton, dan itu digunakan di lebih dari 15000 artikel berbeda.

Baekeland dianugerahi Medali Franklin pada tahun 1940.

Sebagaimana Baekeland semakin tua ia menjadi lebih eksentrik, masuk ke pertempuran sengit dengan putranya dan ahli waris dugaan atas gaji dan masalah lainnya. Dia menjual Perusahaan Umum Bakelite ke Union Carbide pada tahun 1939 dan, pada anaknya disuruh, dia pensiun. Ia menjadi pertapa, makan semua makanan nya dari kaleng dan menjadi terobsesi dengan mengembangkan taman tropis yang sangat besar pada real musim dingin di Miami, Florida Dia meninggal karena pendarahan otak di sebuah sanatorium di Beacon, New York.. Baekeland dimakamkan di Pemakaman Sleepy Hollow di Sleepy Hollow, New York.

Leo Baekeland adalah kakek dari Brooks Baekeland, yang istrinya Barbara Daly Baekeland dibunuh oleh putra mereka, Antony pada tahun 1972.

Sumber, Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: