Laszio Biro – Pencipta Bolpoin (Ballpoint)

László József Biro (29 September 1899 – 24 November 1985) adalah penemu dari bolpoin modern.
Biro (pengucapan Hungaria: [bi ː ro ː] ) lahir di Budapest , Hungaria pada tahun 1899. Ia memaparkan produksi pertama dari pena bola di Budapest International Fair pada tahun 1931. Ketika bekerja sebagai wartawan di Hungaria, ia memperhatikan bahwa tinta yang digunakan dalam pencetakan surat kabar mengering dengan cepat, meninggalkan kertas kering dan noda-bebas. Dia mencoba menggunakan tinta yang sama dalam pulpen tetapi menemukan bahwa itu tidak akan mengalir ke ujung, karena terlalu kental. Bekerja dengan saudaranya Georg, seorang ahli kimia , ia mengembangkan tip baru yang terdiri dari bola yang bebas untuk menyerahkan socket, dan ternyata itu akan mengambil tinta dari cartridge dan kemudian roll untuk menyimpannya di kertas. Biro dipatenkan penemuan di Paris pada tahun 1938.

Pada tahun 1943 saudara-saudara pindah ke Argentina dan pada tanggal 10 Juni mengajukan paten lain, dan membentuk Pena Biro Argentina (pada kenyataannya, di Argentina pena bola dikenal sebagai birome). Desain baru ini telah dilisensi oleh Inggris, yang diproduksi bolpen untuk Angkatan Udara Kerajaan aircrew, yang menemukan mereka bekerja jauh lebih baik dari pena pada ketinggian tinggi.

Pada tahun 1950 Marcel Bich membeli paten dari Biro untuk pena, yang segera menjadi produk utama dari nya Bic perusahaan.

Pena ballpoint secara luas disebut sebagai “biro” di banyak negara berbahasa Inggris, termasuk Inggris, Irlandia, Australia dan Selandia Baru. Istilah “pena” dalam sehari-hari Inggris Bahasa Inggris digunakan secara umum berarti setiap bolpoin. Meskipun kata adalah merek dagang terdaftar , telah menjadi merek dagang genericised .

Departemen kekayaan intelektual perusahaan terus menutup mata pada media dan akan sering menulis untuk publikasi yang menggunakan nama dagang tanpa huruf besar atau sebagai istilah umum untuk pena ballpoint, untuk menjaga merek dagang. Mereka telah menulis untuk Private Eye (yang dicetak huruf pada halaman korespondensi mereka di bawah judul “Apa cara untuk mencari nafkah!”) tentang ini pada setidaknya satu kali.

RAF ingin pena yang tidak bocor di ketinggian.
László Biro meninggal di Buenos Aires pada tahun 1985. Argentina Hari Inventor dirayakan pada hari ulang Biro itu, 29 September.

Sumber, Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: