John Logie Baird – Pencipta Televisi

John Logie Baird (lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888 – meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun) adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pewawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Royal Institute di London. Ini adalah peragaan televisi paling awal.

Pada tahun 1929, BBC melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan Baird.

Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru di tahun 1933.

Walaupun pengembangan televisi adalah hasil kerja oleh banyak penemu, Baird merupakan pelopor terkemuka dan membuat kemajuan besar dalam lapangan. Terutama di Inggris, banyak sejarawan kredit Baird dengan menjadi yang pertama untuk menghasilkan, hidup bergerak, Skala abu-abu gambar televisi dari cahaya yang dipantulkan. Baird dicapai ini, di mana penemu lain telah gagal, dengan mendapatkan sel fotolistrik yang lebih baik dan meningkatkan pengkondisian sinyal dari fotosel dan amplifier video.
Antara 1902 dan 1907, Arthur Korn ditemukan dan membangun sukses pertama sinyal AC sirkuit untuk transmisi gambar. Rangkaian mengatasi efek gambar-menghancurkan lag yang merupakan bagian dari photocells selenium. Rangkaian kompensasi Korn memungkinkan dia untuk mengirim gambar diam melalui telepon atau nirkabel antara negara dan bahkan atas lautan, sementara sirkuit nya dioperasikan tanpa manfaat amplifikasi elektronik.  sukses Korn di transmisi halftone gambar diam menyarankan bahwa sirkuit kompensasi tersebut mungkin bekerja di televisi. Baird adalah penerima manfaat langsung dari penelitian Korn dan kesuksesan. 
Dalam usaha pertama untuk mengembangkan sistem televisi bekerja, Baird bereksperimen dengan Nipkow disk . Paul Nipkow telah menemukan sistem disk scanning pada tahun 1884.  Televisi sejarawan Albert Abramson panggilan paten Nipkow ini “paten televisi master.”  kerja Nipkow adalah penting karena Baird dan banyak orang lain memilih untuk mengembangkannya menjadi media siaran.
Pada awal 1923, dan dalam kesehatan yang buruk, Baird pindah ke 21 Linton Crescent, Hastings , di pantai selatan Inggris dan kemudian menyewa sebuah lokakarya di Arcade Ratu di kota. Baird dibangun apa yang menjadi pertama televisi di dunia kerja diatur menggunakan item termasuk sebuah kotak topi tua dan sepasang gunting, beberapa jarum penjerumat, sebuah lensa sepeda beberapa cahaya, dada teh yang digunakan, dan lilin penyegel dan perekat yang ia beli.  Pada bulan Februari 1924, ia menunjukkan kepada Radio Times yang semi-mekanis televisi analog sistem adalah mungkin dengan mengirimkan gambar siluet bergerak. Pada bulan Juli tahun yang sama, ia menerima kejutan 1000-volt listrik, tapi selamat dengan hanya tangan terbakar. Pemilik-Nya, Pohon Bapak, memintanya untuk berhenti lokakarya dan dia pindah ke kamar di lantai atas di Soho , London , di mana ia membuat terobosan teknis. Baird memberikan demonstrasi publik pertama dari gambar bergerak siluet oleh televisi di Selfridges department store di London dalam serangkaian tiga pekan demonstrasi yang dimulai pada tanggal 25 Maret 1925.
Dalam laboratoriumnya pada 2 Oktober 1925, Baird berhasil dikirimkan gambar televisi pertama dengan grayscale: kepala boneka ventriloquist dijuluki ” Bill Stooky “dalam sebuah gambar 30-garis vertikal scan, pada lima gambar per detik.  Baird turun ke bawah dan mengambil pekerja kantor, 20-tahun William Edward Taynton, untuk melihat apa wajah manusia akan terlihat seperti, dan Taynton menjadi orang pertama akan disiarkan dalam berbagai nada penuh.  Mencari publisitas, Baird mengunjungi surat kabar Daily Express untuk mempromosikan penemuannya. Editor berita takut: dia dikutip oleh salah satu stafnya mengatakan: “Demi Tuhan, pergi ke resepsi dan menyingkirkan orang gila yang ada di bawah sana Dia mengatakan dia punya sebuah mesin untuk melihat dengan wireless Awasi dia -. ia mungkin memiliki pisau cukur padanya “.

Sumber, Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: