Sally Kristen Ride

Sally Kristen Ride (1951–) ialah astrofisikawati dan astronot Amerika Serikat, lahir di Encino, California. Dengan Ph.D. dalam fisika dari Universitas Stanford, ia bergabung dengan NASA pada 1978, di mana ia menjadi astronot (1979–87) dan membantu rancangan lengan robot untuk kendaraan luar angkasa. Pada 1983 ia menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang berada di angkasa. Ia juga menjabat dalam komisi (1986, 2003) yang menyelidiki kecelakaan Space Shuttle Challenger dan Columbia. Pada 1989 ia menjadi guru besar fisika dan direktur Institut Luar Angkasa California di Universitas California, San Diego.

kehidupan awal

Anak sulung dari Carol Joyce (Anderson née) dan Dale Burdell Ride, Sally lahir di Encino, bagian dari Los Angeles, California. Keturunan Norwegia, dia memiliki saudara perempuan bernama Karen Bearful Ride, yang adalah seorang pendeta Presbyterian. Naik dihadiri Portola Sekolah Menengah dan Westlake Sekolah untuk Girls di Los Angeles (sekarang Harvard-Westlake School) dengan beasiswa. Selain menjadi tertarik pada ilmu pengetahuan, ia adalah seorang pemain tenis nasional peringkat. Naik dihadiri Swarthmore College dan kemudian dipindahkan ke Universitas Stanford, lulus dengan gelar sarjana dalam bahasa Inggris dan fisika. Juga di Stanford, ia meraih gelar master dan Ph.D. dalam fisika, saat melakukan penelitian dalam astrofisika dan fisika laser elektron bebas.

Karir di NASA
Ride adalah salah satu dari 8.000 orang untuk menjawab sebuah iklan di surat kabar mencari pelamar untuk program luar angkasa. Akibatnya, ia bergabung dengan NASA pada 1978. Selama karirnya, Naik menjabat sebagai Communicator Kapsul berbasis darat (Capcom) untuk penerbangan luar angkasa kedua dan ketiga Antar-Jemput (STS-2 dan STS-3) dan membantu mengembangkan lengan robot Space Shuttle itu.  Pada 18 Juni 1983 , ia menjadi wanita Amerika pertama di ruang angkasa sebagai anggota awak Challenger space Shuttle untuk STS-7. (Ia didahului oleh dua wanita Soviet, Valentina Tereshkova pada tahun 1963 dan Svetlana Savitskaya pada tahun 1982.) Pada STS-7, di mana awak lima orang dikerahkan dua satelit komunikasi dan melakukan percobaan farmasi, Riding adalah wanita pertama yang menggunakan robot lengan dalam ruang dan yang pertama untuk menggunakan lengan untuk mengambil satelit. Penerbangan ruang angkasa kedua adalah pada tahun 1984, juga di papan Challenger. Dia telah menghabiskan lebih dari total 343 jam di ruang angkasa. Ride, yang telah menyelesaikan delapan bulan pelatihan untuk penerbangan ketiganya ketika Space Shuttle Challenger terjadi kecelakaan, ditunjuk untuk Komisi Presiden menyelidiki kecelakaan itu, dan menuju subkomite pada Operasi  Setelah penyelidikan., Riding adalah ditugaskan ke markas NASA di Washington, DC, di mana dia memimpin upaya perencanaan strategis pertama NASA; menulis sebuah laporan berjudul “Kepemimpinan dan Masa Depan Amerika di Space”, dan didirikan Kantor NASA Eksplorasi Ride menikah sesama astronot NASA Steve Hawley tahun 1982. , tetapi dua bercerai pada 1987.

setelah NASA

Pada tahun 1987, Riding meninggalkan posisinya di Washington, DC, untuk bekerja di Stanford University Pusat Keamanan Internasional dan Kontrol Senjata. Pada tahun 1989, ia menjadi profesor fisika di Universitas California, San Diego dan Direktur California Institute Ruang. Pada tahun 2003, ia diminta untuk melayani di Space Shuttle Columbia Investigasi Kecelakaan Dewan. Dia sekarang mengambil cuti dari universitas, dan adalah Presiden dan CEO Sally Ride Ilmu, sebuah perusahaan yang didirikannya pada tahun 2001, yang menciptakan program ilmu menghibur dan publikasi untuk bagian atas siswa sekolah dasar dan menengah, dengan fokus khusus pada anak perempuan.
Menurut Roger Boisjoly, insinyur yang memperingatkan masalah teknis yang menyebabkan kecelakaan Space Shuttle Challenger, Ms Ride adalah satu-satunya tokoh masyarakat untuk menunjukkan dukungan bagi dia ketika ia pergi publik dengan pra-bencana itu peringatan (setelah seluruh tenaga kerja dari MortonThiokol dijauhi dia). Sally Ride memeluknya publik untuk menunjukkan dukungannya untuk usahanya.

Ride telah menulis atau turut menulis lima buku pada ruang, yang ditujukan untuk anak-anak, dengan tujuan mendorong anak untuk belajar ilmu.

Ride mendukung Barack Obama sebagai presiden pada tahun 2008.

Ride saat ini adalah anggota dari Review dari Space Flight Amerika Serikat Manusia Rencana Komite, tinjauan independen yang diminta oleh Kantor Sains dan Kebijakan Teknologi (OSTP) pada tanggal 7 Mei 2009.

 
Penghargaan dan kehormatan
Sally Ride berkomunikasi dengan pengendali tanah dari dek penerbangan selama misi enam hari di Challenger, 1983

Ride telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Masyarakat Antariksa Nasional Award von Braun, Eagle Lindbergh, dan NCAA Theodore Roosevelt Penghargaan. Dia telah dilantik ke Hall National Women of Fame dan Hall Astronaut of Fame, dan telah dua kali dianugerahi Medali NASA Space Flight. Ride adalah satu-satunya orang untuk melayani di kedua dari panel menyelidiki kecelakaan Antar-Jemput (orang-orang untuk Challenger dan kecelakaan Space Shuttle Columbia bencana). Dua sekolah dasar di Amerika Serikat yang bernama setelah dia: Sally K. Ride Sekolah Dasar di The Woodlands, Texas, dan Sally K. Ride Sekolah Dasar di Germantown, Maryland.
Pada tanggal 6 Desember 2006, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Ibu Maria Shriver dilantik tumpangan ke Hall of Fame California, yang terletak di Museum California untuk Sejarah, Wanita, dan Seni.


Sumber,Wikipedia

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: