The Beatles

The Beatles adalah kelompok pemusik Inggris beraliran rock, dibentuk di Liverpool pada tahun 1960, seringkali dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan paling banyak mendapat pujian dalam musik populer. Sejak tahun 1962, kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Bermula dari aliran skiffle dan rock and roll 1950-an, kelompok ini nantinya memainkan musik dalam berbagai genre mulai dari folk rock sampai rock psikedelik, memasukkan juga unsur musik klasik dan elemen lain dengan cara inovatif. The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

Awalnya 5 orang terdiri dari Lennon, McCartney, Harrison, Stuart Sutcliffe (bas) dan Pete Best (drum), The Beatles hanya terkenal di klub-klub Liverpool dan Hamburg selama 3 tahun mulai tahun 1960. Sutcliffe hengkang tahun 1961, dan Best diganti Starr tahun berikutnya. Beatles ditempa jadi profesional oleh seorang pengusaha toko musik bernama Brian Epstein setelah ia jadi manajer mereka dan potensi musik dipoles oleh produser George Martin. Akhir 1962, Beatles sudah mendapatkan kesuksesan di Britania Raya dengan singel pertama Love Me Do. Sepanjang tahun berikut, mereka melakukan tur internasional sampai 1966 dan berkonsentrasi merekam album di dalam negeri sampai bubar tahun 1970. Karir solo masing-masing dibilang sukses tapi Lennon terbunuh di New York City tahun 1980 dan Harisson meninggal karena kanker tahun 2001. McCartney dan Starr masih aktif bermusik.

. Tujuh kali mendapat Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors, The Beatles secara kolektif dimasukkan dalam kompilasi majalah TIME sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai tur final

Pada bulan Juni 1966, Yesterday and Today—salah satu kompilasi album yang diproduksi oleh Capitol Records untuk pasar Amerika Serikat menimbulkan kehebohan karena sampulnya menampilkan The Beatles meringis dan memakai pakaian tukang jagal, lengkap dengan daging dan boneka bayi yang dimutilasi. Kemungkinan sebuah sindiran kepada Capitol yang dianggap “menjagal” album-album mereka. Ribuan kopi album dipasarkan dengan sampul berbeda-beda. Sebuah album asli pertama yang masih terbungkus mencapai harga $10,500 pada sebuah lelang bulan Desember 2005. Dalam tur ke Filipina setelah perilisan Yesterday and Today, The Beatles tak sengaja membuat ibu negara, Imelda Marcos, merasa tersinggung karena menolak jamuan sarapan istana kepresidenan di Manila. Sebagai juru bicara, Epstein menolak dengan halus karena merasa tidak pernah menerima undangan resmi semacam itu. The Beatles lalu menyadari bahwa permintaan rezim Marcos tidak boleh dijawab dengan kata “tidak”. Terjadi beberapa keributan yang membahayakan dan mereka susah payah keluar dari negara itu.

Abbey Road, Let It Be dan perpecahan

Walaupun Let It Be merupakan album terakhir The Beatles, sebagian besar lagunya direkam sebelum pengerjaan Let It Be. Sebenarnya diberi judul Get Back, Let It Be berasal dari ide Martin untuk McCartney: untuk menyiapkan material baru dan “menampilkannya di hadapan penonton secara langsung untuk pertama kalinya – dalam rekaman dan dalam film. Dengan kata lain membuat album langsung dari material baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya” (“perform it before a live audience for the very first time—on record and on film. In other words make a live album of new material, which no one had ever done before.”) Sebagian besar material diolah studio selama berjam-jam seperti yang direkam dalam film oleh [Michael Lindsay-Hogg]]. Martin berkata bahwa reherseal dan perekaman yang dilakukan di sepanjang Januari 1969 itu “bukanlah pengalaman yang menyenangkan sama sekali. Saat itu merupakan waktu dimana hubungan antar-personel The Beatles mencapai titik terendah” (“not at all a happy … experience. It was a time when relations between The Beatles were at their lowest ebb.”) Jengkel oleh sikap Lennon maupun McCartney, Harrison berhenti selama satu minggu. Ia kembali dengan pemain keyboard Billy Preston yang berpartisipasi di 10 hari terakhir sesi rekaman dan diberi kredit pada singel Get Back-musisi lain di luar The Beatles yang satu-satunya menerima pengakuan resmi semacam itu dalam album mereka. Para personel The Beatles gagal mencapai kesepakatan untuk memilih lokasi konser dengan menolak beberapa konsep seperti di atas kapal laut, padang pasir Tunisia dan Colosseum. Akhirnya, pertunjukkan langsung terakhir mereka, bersama Preston difilmkan di atap gedung Apple Corps di 3 Savile Row, London pada tanggal 30 Januari 1969.

Dirilis setelah 6 hari keluarnya John, Abbey Road terjual 4 juta kopi dalam waktu 2 bulan dan menduduki puncak tangga lagu Inggris selama 11 minggu. Lagu kedua, balada Something, juga dirilis sebagai singel – lagu pertama dan satu-satunya karya Harrison yang muncul di side A The Beatles. Abbey Road mendapat beragam komentar dan bagian medley dapat diterima umum. Allmusic berkomentar: “a fitting swan song for the group” yang berisi “beberapa harmoni terbesar pernah yang didengar dari rekaman lagu rock” (“some of the greatest harmonies to be heard on any rock record”.)

Album Get Back masih belum terselesaikan, dan sebuah lagu ciptaan Harrison yang berjudul I Me Mine dijadikan sebagai lagu penutup direkam pada tanggal 3 Januari 1970. Pada saat itu, Lennon berada di Denmark dan tidak berpartisipasi. Untuk menuntaskan pengerjaan album yang sekarang sudah diberi judul baru Let It Be, March Klein memberikan rekaman tape sesi Get Back kepada produser Amerika Phil Spector. Dikenal akan pendekatan Wall of Sound-nya, Spector telah memproduseri singel solo Lennon baru-baru itu, Instan Karma. Phil Spector meremix, mengedit, menyambung dan meng-overdub (menambah suara) terhadap rekaman sebelumnya yang dimaksudkan bernuansa “live”. McCartney tidak puas terhadap hasil kerja Spector terhadap material, terutama orkestrasinya terhadap lagu The Long and Winding Road yang mengikutsertakan paduan suara dan permainan 34 buah alat musik secara orkestra. McCartney mencoba menghentikan perilisan versi Spector namun tidak berhasil. Secara resmi ia mengumumkan keluar dari The Beatles pada tanggal 10 April, satu minggu sebelum perilisan album solo pertamanya, McCartney. Rekaman pre-rilis McCartney menyertakan surat pernyataan yang berisi keputusannya untuk keluar dari The Beatles dan harapan-harapannya pada masa depan.

Profil Anggota

1.Nama: Paul McCartney
Lahir Nama: James Paul McCartney
Height: 5 ’11 “
Sex: M
Kebangsaan: Inggris
Tanggal Lahir: 18 Juni 1942
Tempat Lahir: Liverpool, Merseyside, England, UK
Profesi: komposer, musisi, produser, penulis lagu
Suami / Istri: Heather Mills (model; bertemu 1999; terlibat 23 Juli 2001; menikah 11 Juni 2002; dipisahkan 17 Mei 2006; mengajukan gugatan cerai Juli 29, 2006), Linda Eastman (aktris, komponis; menikah 12 Maret 1969)
Hubungan: Jane Asher (aktris; lahir pada 5 April 1946; mulai berkencan pada tahun 1963; terlibat pada tahun 1967; terpisah pada tahun 1968; meninggal April 17, 1998 kanker payudara
)
Bapa: James Paul McCartney (pemimpin Jim Mac Jazz Band)
Ibu: Maria Patricia McCartney (lahir pada 29 September tahun 1909; meninggal karena kanker payudara pada 31 Oktober 1956)
Brother: Michael McCartney (fotografer; lahir pada tanggal 7 Januari 1944)
Anak: James Paul McCartney (musisi; lahir pada tahun 1978; ibu: Linda Eastman)
Putri: Beatrice Milly McCartney (lahir pada 28 Oktober 2003 di London; ibu: Heather Mills), Stella McCartney (perancang busana; lahir 13 September 1972; ibu: Linda Eastman), Mary McCartney (fotografer; lahir pada 28 Agustus 1969 ; ibu: Linda Eastman)
Langkah putri: Heather McCartney (sebuah tembikar desainer; lahir pada tanggal 31 Desember 1963; ibu: Linda Eastman; ayah: John Melvin Lihat Jr)
cucu laki2: Miller Alasdhair James Willis (lahir pada 25 Februari 2005; ibu: Stella McCartney), Elliot Donald (lahir pada tanggal 1 Agustus 2002; ibu: Maria McCartney), Arthur Alistair Donald (lahir pada 3 April 1999; ibu: Mary McCartney)
cucu yg cewe: Bailey Linda Olwyn Willis (lahir pada 8 Desember 2006; ibu: Stella McCartney),
Ketenaran: salah satu anggota band legendaris The Beatles 

2.Nama: Ringo Starr
Lahir Nama: Richard Starkey
Height: 5 ‘8 “
Sex: M
Kebangsaan: Inggris
Tanggal Lahir: 7 Juli 1940
Tempat Lahir: Liverpool, Merseyside, England, UK
Profesi: aktor, musisi
Suami / Istri: Barbara Bach (aktris; bertemu di lokasi syuting film Caveman pada tahun 1980; menikah pada 21 April 1981), Maureen Starkey Tigrett (menikah pada tanggal 11 Februari, 1965; bercerai pada 17 Juli 1975; meninggal pada 30 Desember , 1994 dari Leukemia)
Ibu: Elsie Starkey
Anak: Jason Starkey (musisi; lahir pada 19 Agustus 1967; ibu: Maureen Starkey Tigrett), Zak Starkey (musisi; lahir pada 13 September 1965; ibu: Maureen Starkey Tigrett)
Putri: Lee Starkey (perancang busana; lahir di 17 November, 1970; ibu: Maureen Starkey Tigrett)
Langkah putra: Gian Andrea (lahir pada tahun 1972; ayah: Augusto Gregorini; ibu: Barbara Bach)
Langkah putri: Francesca Gregorini (penyanyi, pencipta lagu; lahir pada 7 Agustus 1968; ayah: Augusto Gregorini; ibu: Barbara Bach)
Ketenaran: Mantan Drummer dengan The Beatles (1962-1970) 

3.Nama: John Lennon
Lahir Nama: John Winston Lennon
Height: 5 ’10
Sex: M
Kebangsaan: Inggris
Lahir Tanggal: 9 Oktober 1940
Tempat Lahir: Liverpool, Merseyside, England, UK
Profesi: aktor, penyanyi, pencipta lagu
Pendidikan: Dovedale County Primary School, Liverpool, Inggris, Inggris
Quarry Bank Grammar School, Liverpool, Inggris, Inggris (dihadiri dari September 1952-1957)
Tempat Kematian: New York, New York, Amerika Serikat
Kematian Tanggal: 8 Desember 1980
Penyebab Kematian: Dibunuh oleh Mark David Chapman (a gila kipas) di depan apartemen Dakota Lennon.
Suami / Istri: Yoko Ono (pemusik; lahir pada 18 Februari 1933; menikah pada 20 Maret 1969), Cynthia Lennon (lahir pada 10 September 1939; menikah pada 25 Agustus 1962; bercerai pada November 8, 1968)
Ayah: Alfred ‘Freddie’ Lennon (lahir pada 14 Desember 1912 meninggal karena kanker perut pada tanggal 1 April 1976)
Ibu: Julia Stanley Lennon (lahir pada 12 Maret 1914; meninggal karena kecelakaan mobil pada 15 Juli 1958)
Setengah Brother: David Henry Lennon (ibu: Pauline Jones), Robin Francis Lennon (ibu: Pauline Jones)
Bibi: Maria Elizbeth ‘Mimi’ Smith (nee. Stanley; lahir pada tahun 1903; meninggal pada Desember 1992)
Anak: Sean Lennon (aktor, musisi; lahir pada 9 Oktober 1975; ibu: Yoko Ono), Julian Lennon (aktor, musisi; lahir pada 8 April 1963; ibu: Cynthia Lennon)
Ketenaran: sebagai anggota The Beatles

4.Nama: George Harrison
Lahir Nama: George Harrison
Height: 5’11 “
Sex: M
Kebangsaan: Inggris
Tanggal Lahir: 25 Februari 1943
Tempat Lahir: Liverpool, Merseyside, England, UK
Profesi: pemusik
Kematian : Los Angeles, AS 
, 29 November 2001 pada umur  58      tahun
Kematian Penyebab: kanker paru-paru
Suami / Istri: Olivia Arias Harrison (menikah pada bulan September 1978), Patricia Anne Boyd (aktris, menikah pada 21 Januari 1966; bercerai pada 1977)
Bapa: Harry (Harold) Harrison (sopir bus
)
Ibu: Louise (guru tari)
Suster: Louise Harrison (kakak perempuan)
Brother: Harold Jr, Peter (keduanya kakak laki-laki)
Anak: Dhani Harrison (lahir pada bulan Agustus 1978; ibu: Olivia Arias Harrison)
Ketenaran: anggota The Beatles


Sumber, Wikipedia 

                Kaskus

  

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: