Michael Faraday – Penemu Listrik

Michael Faraday (lahir 22 September 1791 – meninggal 25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun) ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan “Bapak Listrik“, karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.

Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk memopulerkan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.

Pada bulan Juni 1832, University of Oxford memberikan Faraday gelar Dokter Sarjana Hukum Sipil (kehormatan). Selama hidupnya, Faraday menolak gelar ksatria dan dua kali menolak untuk menjadi Presiden Royal Society. Faraday terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences pada 1838, dan merupakan salah satu dari delapan orang asing terpilih menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis pada tahun 1844.

Pada tahun 1848, sebagai hasil dari representasi oleh Permaisuri Prince, Michael Faraday dianugerahi rahmat dan rumah kasih karunia di Hampton Court di Middlesex, bebas dari semua biaya atau pemeliharaan. Ini adalah DPR Mason Guru, kemudian disebut Faraday House, dan sekarang No.37 Jalan Hampton Court. Pada 1858 Faraday pensiun untuk tinggal di sana .

Ketika ditanya oleh pemerintah Inggris untuk memberikan saran pada produksi senjata kimia untuk digunakan dalam Perang Krim (1853-1856), Faraday menolak untuk berpartisipasi mengutip alasan etis .

Faraday meninggal di rumahnya di Hampton Court pada 25 Agustus 1867 berusia 75 tahun dan 11 bulan . Dia sebelumnya menolak pemakaman di Westminster Abbey, tetapi ia memiliki sebuah plakat peringatan di sana, di dekat makam Isaac Newton. Faraday dikebumikan di pembangkang (non-Anglikan) bagian dari Highgate Cemetery. Hirshfeld mempertahankan dalam biografinya yang Faraday menderita gangguan mental akibat pengerahan tenaga intelektual sehingga dia menjadi lemah pada akhir hidupnya dan tidak mampu melakukan riset apa pun yang berarti.

Sumber, http://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Faraday
              http://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Faraday

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: