Hans Lippershey – Penemu Teleskop

Hans Lippershey Lahir di Wesel (Jerman barat) sekitar tahun 1570. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal, tapi ia akhirnya pindah ke Middelburg, ibukota Zeeland, provinsi southwesternmost dari Belanda. Di sana ia menikah pada 1594 dan menjadi warga negara Belanda pada tahun 1602. Middelburg adalah sebuah kota yang tumbuh dan berkembang dan disanalah dia belajar dan bereksperimen
.
Hans Lippershey mungkin bukan orang pertama yang bereksperimen dengan menggabungkan lensa untuk membuat teleskop kasar dan teropong. Bahkan, ada kisah aneh yang mengatakan anak Lippershey benar-benar menemukan teleskop pertama saat bermain dengan lensa cacat di bengkel nya.namun tiada pengakuan oleh Hans dalam cerita tersebut, tapi kemudian mengklaim telah menemukan perangkat, itu adalah Lippershey yang diterapkan kepada pemerintah Belanda untuk paten di 1608.
Akhirnya, paten itu ditolak. Pemerintah berpikir bahwa perangkat tidak dapat disimpan secara rahasia karena takut dengan negara lain meniru nya Namun, Hans Lippershey membangun beberapa teleskop bagi pemerintah Belanda dari biaya kompensasi pemenrintah.

Hans Lippershey

Pada 1609, ilmuwan Italia, Galileo Galilei belajar perangkat Lippershey dan mulai membangun sendiri, pada akhirnya meningkatkan perbesaran ke faktor 20. Dengan instrumen baru yang menakjubkan, ia mampu melihat gunung dan kawah di bulan, menemukan bahwa Bima Sakti terdiri dari bintang-bintang, dan menemukan empat bulan terbesar Jupiter.

Hans Lippershey meninggal di Belanda pada tahun 1619.

Iklan

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: