Nick Vujicic – Sang Motivator

Nicholas James Vujicic, (lahir pada tanggal 4 Desember 1982) adalah seorang pengkhotbah Australia dan  motivator yang lahir dengan Tetra-amelia sindrom, gangguan langka yang ditandai dengan tidak adanya keempat anggota badan. Sebagai seorang anak, dia berjuang dalam mental dan emosional, serta fisik, tapi akhirnya datang untuk berdamai dengan cacatnya, dan pada usia tujuh belas, memulai sendiri organisasi nirlabanya. Vujicic menyajikan pidato motivasi di seluruh dunia, hidup dengan cacat, harapan, dan menemukan arti dalam hidup.

Latar belakang dan pribadi

Anak tertua dari keluarga Serbia,  Vujicic lahir di Melbourne, Australia .Hilang kedua lengan setinggi bahu, serta tanpa kaki. Kakinya toeless kecuali dua kaki pada satu kaki. Kondisi ini kontan membuat ayah Nick (seorang pemuka agama dan programmer komputer) dan ibu Nick (seorang perawat) bertanya-tanya dalam hati, kesalahan besar apa yang telah mereka perbuat hingga putranya terlahir tanpa anggota-anggota tubuh. Tak jarang, mereka menyalahkan diri sendiri atas keadaan Nick.

Awalnya dilarang oleh hukum negara bagian Victoria dari menghadiri sekolah utama karena cacat fisiknya, meskipun ia tidak mengalami gangguan mental, Vujicic menjadi salah satu siswa cacat pertama diintegrasikan ke dalam sekolah umum, setelah undang-undang berubah.

Namun, hal ini tidak berlangsung lama. Ayah dan ibu Nick melihat putranya, biarpun cacat tubuh, tetap tumbuh kuat, sehat, dan ceria – sama seperti anak-anak lainnya. Dan, Nick kecil terlihat begitu tampan serta menggemaskan! Matanya pun sangat indah dan menawan. Maka, mereka mulai bisa menerima keadaan putranya, mensyukuri keberadaannya, dan segera mengajarinya untuk hidup mandiri.

Ditindas di sekolah, Vujicic tumbuh tertekan dan pada usia 8, berniat bunuh diri. . Pada usia 10, ia mencoba untuk menenggelamkan dirinya, tapi tidak pergi melalui dengan itu dari cinta untuk orang tuanya  Setelah berdoa untuk tumbuh lengan dan kaki, Vujicic akhirnya menyadari bahwa prestasinya bisa menginspirasi orang lain – dan menjadi berterima hidup . Sebuah titik balik utama datang ketika ibunya menunjukkan padanya sebuah artikel koran tentang seorang pria berhubungan dengan cacat berat. Vujicic menyadari bahwa ia tidak unik dalam perjuangan dan mulai merangkul cacatnya.

Dia mulai menguasai tugas sehari-hari kehidupan. Ia belajar menulis dengan menggunakan dua jari kaki di kaki kirinya dengan pegangan khusus yang meluncur ke ibu jari kakinya. Ia belajar menggunakan komputer dan jenis menggunakan “tumit dan kaki” metode. Dia belajar untuk melemparkan bola tenis, bermain pedal drum, mendapatkan dirinya segelas air, sisir rambutnya, menggosok gigi, menjawab telepon dan bercukur.

Di kelas tujuh ia terpilih sebagai  kapten dari sekolah dan bekerja dengan dewan mahasiswa pada acara penggalangan dana bagi badan amal lokal dan kampanye cacat. Ketika ia berusia tujuh belas, ia mulai memberikan ceramah di kelompok doa nya,  dan akhirnya mulai organisasi non-profit nya, Life Without Limbs.

Pada tahun 2005 Vujicic dinominasikan untuk Penghargaan “Young Australian of the Year”.

Vujicic saat ini tinggal di California.

 Vujicic bersama Kanae

Pada tanggal 12 Februari 2012, ia menikahi tunangannya Kanae Miyahara.

Karir

Vujicic lulus dari Griffith University pada usia 21 di jurusan ganda Akuntansi dan Perencanaan Keuangan. Selanjutnya ia menjadi seorang pembicara motivasi, perjalanan internasional dan berfokus pada isu-isu remaja. Setelah dibahas lebih dari tiga juta orang di lebih dari 24 negara di lima benua,  Dia berbicara kepada perusahaan, jemaat penonton dan sekolah.

Vujicic mempromosikan karyanya melalui acara televisi dan melalui tulisannya. Buku pertamanya, Hidup Tanpa Batas: Inspirasi untuk Kehidupan yang Ridiculously Baik (Random House, 2010) yang diterbitkan pada 2010. Dia memasarkan Tujuan sebuah motivasi DVD, Great Life , sebuah film dokumenter pendek difilmkan pada tahun 2005 menyoroti kehidupan rumah dan kegiatan rutin. Bagian kedua dari DVD difilmkan di gereja setempat di Brisbane – salah satu pidato pertamanya motivasi profesional. Dia memasarkan DVD untuk anak muda berjudul: No Arms, No Legs, No concerns: Versi Remaja .

Dia membintangi film pendek “The Circus Butterfly” yang memenangkan hadiah tertinggi Film tiang pintu Proyek tahun 2009,  dan penghargaan Film Pendek Terbaik di Cara Film Fest Festival, di mana Vujicic juga dianugerahi Aktor Terbaik dalam film pendek. Kupu-kupu Circus juga baru saja memenangkan Film Pendek Terbaik di Festival Film Merasa Baik di Hollywood pada tahun 2010.

Dia juga merilis sebuah video musik baru yang disebut “Something More”, yang tersedia untuk dilihat di YouTube.

Mungkin sosok Nick bisa kita jadikan sebagai inspirasi, dengan keterbatasan diri mulai dari lahir banyak sekali kesuksesan dah hal yang bisa dia perbuat untuk pencerahan ribuan orang yang dia berikan motivasi. Tidak kah kita tergerak untuk melakukan lebih karena Tuhan menciptakan kita sebaik mungkin. Bila kita belum bisa memahami makna pemberian dan karunia dari Tuhan Sang Pencipta Alam, mungkin kita akan berprasangka buruk pada-Nya, kenapa kok ada yang terlahirkedunia tidak sempurna selayaknya manusia lain, apakah Tuhan tidak adil. Bila kita beriman pada-Nya kita tetap akan mengakatakan Tuhan Maha Adil, Zat yang paling adil.Semua hal apapun tidak mungkin terjadi tanpa sepengetahuan dan kehendak Tuhan. Tuhan Maha Mengerti apa yang terbaik bagi umatnya, oleh karena itu apa yang kita miliki apapun kondisinya itulah yang terbaik bagi kita saat ini.

Perihal kevinsero
y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: